Valentino Rossi: Kecelakaan di MotoGP Catalunya 2020 Memalukan

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 38 2290149 valentino-rossi-kecelakaan-di-motogp-catalunya-2020-memalukan-RgHgelzOAO.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

LE MANS – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menilai kecelakaannya di MotoGP Catalunya 2020 memalukan. Akibat kecelakaan, Rossi pun kehilangan kesempatan meraih podium ke-200 sepanjang kariernya di MotoGP.

MotoGP Catalunya 2020 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu 27 September 2020 malam WIB, awalnya berjalan baik untuk Rossi. The Doctor –julukan Rossi– sempat menempati posisi kedua di belakang Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) sebelum disalip Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Valentino Rossi (Foto: Twitter/@MotoGP)

Beberapa lap setelahnya, Quartararo memimpin balapan diikuti Rossi di belakangnya. Rossi berupaya mengejar Quartararo, tetapi nasib apes jutru menimpanya di tikungan kedua lap ke-16.

Rossi kehilangan kendali atas bagian depan motor Yamaha, YZR-M1, sehingga harus terjatuh ke gravel. Insiden itu mengakhiri perjuangan Rossi di MotoGP Catalunya 2020.

BACA JUGA: Valentino Rossi Ungkap Penyebab Persaingan di MotoGP 2020 Jadi Lebih Ketat

Sementara itu, Quartararo keluar sebagai pemenang, sedangkan posisi kedua menjadi milik Joan Mir (Suzuki Ecstar). Melengkapi posisi tiga besar, ada Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang memulai balapan dari tempat kurang menguntungkan.

Insiden di Sirkuit Catalunya sangat membekas di benak Rossi. Akan tetapi, ada hal positif dalam balapan tersebut yang ditemukan Rossi. Hal positif itu adalah Rossi cukup cepat untuk memperebutkan podium.

Kecepatan mumpuni jadi modal bagi Rossi untuk tampil pada balapan berikutnya, MotoGP Prancis 2020. Balapan seri kesembilan musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu 11 Oktober 2020, malam WIB.

“Tentunya hasil akhir di (Sirkuit) Catalunya memalukan. Akan tetapi, hal positifnya adalah kami cukup cepat untuk memperebutkan podium. Saya pikir kami bisa mencoba melakukan sesuatu di MotoGP Prancis 2020,” kata Rossi, menyadur dari Tutto Motori Web, Kamis (8/10/2020).

BACA JUGA: Lorenzo Bakal Berusaha Keras Tampil Baik di Tes Portimao demi Valentino Rossi Dkk

Rossi punya catatan bagus di Sirkuit Le Mans. Sejak MotoGP bergulir pada musim 2000, Rossi telah meraih 11 podium di Prancis yang tiga di antaranya berbuah kemenangan.

Rossi terakhir kali naik ke atas podium di Sirkuit Le Mans pada dua musim lalu. Pada waktu itu, Rossi finis ketiga di belakang Danilo Petrucci dan Marc Marquez yang keluar sebagai pemenang. Rekam jejak di Sirkuit Le Mans jadi modal bagus Rossi untuk akhir pekan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini