MotoGP 2020 Sisakan Enam Balapan Lagi, Siapa Kandidat Kuat Juara?

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 38 2287221 motogp-2020-sisakan-enam-balapan-lagi-siapa-kandidat-kuat-juara-MumHblSXKb.jpg Para pembalap di kelas utama MotoGP 2020 (Foto: MotoGP)

MADRID – Gelaran MotoGP 2020 hanya tinggal menyisakan enam seri balapan lagi. Meski demikian, hingga saat ini belum ada pembalap yang benar-benar menunjukkan dominasi sejak tampil pada seri perdana di Sirkuit Jerez, Spanyol, yang berlangsung pada Juli kemarin.

Terakhir kali para pembalap di kelas utama beradu cepat di Sirkuit Catalunya, pada Minggu 27 Oktober 2020. Pada seri tersebut, pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil merebut podium juara.

Kemudian posisi kedua dan ketiga ditempati duet pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins. Sementara Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Jack Miller (Pramac Ducati) melengkapi posisi lima besar.

Tambahan 25 poin dari Sirkuit Catalunya membuat Quartararo kembali memuncaki papan klasemen sementara dengan koleksi 108 poin. Sementara itu, Mir membuntuti di peringkat kedua dengan hanya selisih delapan angka.

Baca juga: Gagal Bersinar di MotoGP 2020, Aprilia Inginkan Iannone Kembali

Melihat performa pada beberapa balapan terakhir, keduanya punya peluang besar untuk meraih gelar juara dunia musim ini. El Diablo –julukan Quartararo– tengah dalam kepercayaan diri tinggi dengan tiga kali podium juara yang berhasil diraihnya musim ini.

Namun di sisi lain, rider asal Prancis itu juga harus berjuang lebih keras dari sebelumnya. Hal itu lantaran motor Yamaha yang diketahui musim ini punya beberapa masalah dan belum juga bisa mereka atasi dengan sempurna.

Situasi ini membuat Joan Mir bisa jadi lawan berat Quartararo dalam perebutan gelar juara. Berbekal motor yang jauh lebih baik dari musim lalu, Mir memberikan kejutan lewat penampilan apiknya sepanjang MotoGP 2020.

Rekan satu tim Alex Rins itu tercatat telah meraih empat kali podium di awal musim MotoGP 2020 ini. Mir bahkan tidak pernah absen dari podium pada tiga balapan terakhir.

Selain itu, nama-nama seperti Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), dan Jack Miller (Pramac Ducati) juga masih punya kemungkinan untuk bersaing di tangga juara.

Melihat ketatnya persaingan musim ini, para pembalap pun wajib tampil maksimal pada enam balapan tersisa nanti.

Berikut jadwal lengkap enam seri terakhir MotoGP 2020

11 Oktober : MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)

18 Oktober : MotoGP Aragon (Sirkuit Aragon)

25 Oktober : MotoGP Teruel (Sirkuit Aragon)

8 November : MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo Valencia)

15 November : MotoGP Valencia (Sirkuit Ricardo Tormo Valencia)

22 November : MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini