Pepet Dovizioso di Puncak Klasemen, Vinales Tak Terlalu Pikirkan Gelar Juara

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 21 September 2020 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 38 2280935 pepet-dovizioso-di-puncak-klasemen-vinales-tak-terlalu-pikirkan-gelar-juara-kL2lnyQXUm.jpg Para peraih podium MotoGP Emilia Romagna 2020 (Foto: Laman MotoGP)

MISANO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, kini menempati posisi ketiga klasemen sementara MotoGP 2020 dengan raihan 83 poin. Posisi Vinales melesat setelah ia memenangi MotoGP Emilia Romagna 2020 yang dilangsungkan di Sirkuit Misano.

Ini sejatinya adalah kemenangan pertama Vinales di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Bahkan, menjadi kemenangan pertama juga bagi tim pabrikan Yamaha.

Terakhir kali tim pabrikan Yamaha memenangkan balapan adalah pada gelaran MotoGP Malaysia 2019 yang dilangsungkan di Sirkuit Sepang November tahun lalu. Ketika itu, Vinales jugalah yang mewakili Yamaha sebagai pemenang.

Baca juga: Menangi MotoGP Emilia Romagna, Vinales Patahkan Kutukan yang Sudah Bertahan 10 Tahun

Maverick Vinales

Vinales kini memiliki perolehan poin yang sama dengan pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo. Akan tetapi, Quartararo berhak menduduki urutan kedua lantaran memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dari Vinales.

Meski begitu, baik Vinales maupun Quartararo kini hanya tertinggal satu poin saja dari pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, yang menduduki posisi puncak. Dengan masih menyisakan tujuh balapan lagi, tentunya peluang untuk mengudeta Dovizioso sangat terbuka lebar.

Menanggapi situasi ini, Vinales nyatanya tak ingin terlalu ambil pusing. Menurut pembalap berjuluk The Top Gun itu yang menjadi fokusnya saat ini adalah membantu Yamaha untuk mempersiapkan motor balap yang lebih baik.

Vinales sendiri memang sempat terseok-seok dalam empat seri balapan terakhir. Akan tetapi, setelah ia melakukan perubahan set-up pada motornya, Vinales pun bisa lebih nyaman mengendarai YZR-M1 dan kembali bersaing di jajaran depan.

“Saya tidak terlalu memikirkan Kejuaraan Dunia. Kami harus mempersiapkan motor dengan baik untuk tahun 2021. Sekarang kami belajar sesuatu di setiap balapan. Kami mengerti banyak tentang motor di sini (SIrkuit Misano). Saya telah melakukan putaran yang bagus di sini, itu hebat," ujar Vinales, mengutip dari Speedweek, Senin (21/9/2020).

Maverick Vinales

Quartararo sebenarnya memiliki potensi untuk mengambil alih puncak klasemen. Sebab, pembalap berjuluk El Diablo itu finis ketiga dalam gelaran MotoGP Emilia Romagna 2020.

Kendati demikian, Quartararo mendapat penalti tiga detik lantaran tidak menjalankan hukuman long lap yang diinstruksian race direction. Pada akhirnya, setelah melakukan perhitungan, Quartararo dianggap finis keempat. Karena setelah dikenakan penalti tiga detik, catatan waktu Quartararo menjadi lebih lambat ketimbang Pol Espargaro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini