Menangi MotoGP Emilia Romagna, Vinales Patahkan Kutukan yang Sudah Bertahan 10 Tahun

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 38 2280875 menangi-motogp-emilia-romagna-vinales-patahkan-kutukan-yang-sudah-bertahan-10-tahun-pVMEngnKXC.jpg Pembalap Yamaha, Maverick Vinales (Foto: Laman MotoGP)

MISANO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, tampil sebagai pemenang kala melakoni balapan MotoGP Emilia Romagna 2020 di Sirkuit Misano. Ini adalah kemenangan pertama yang didapat Vinales di Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Hal ini tentunya membuat Vinales merasa sangat gembira. Apalagi, pembalap berjuluk The Top Gun itu berhasil mematahkan kutukan yang telah bertahan selama 10 tahun lamanya di Sirkuit Misano.

Sebelum ini, terdapat mitos bahwa pembalap yang berhasil meraih pole position pada balapan di Sirkuit Misano maka tidak akan menjadi pemenang. Mitos ini tercipta lantaran dalam satu dekade terakhir tidak ada satu pun peraih pole position di Misano yang kemudian menjadi pemenang balapan pada hari berikutnya.

Baca juga: Hasil Balapan MotoGP Emilia Romagna 2020, Vinales Berjaya

Maverick Vinales

Terakhir kali ada pembalap yang mampu meraih pole position dan kemenangan balapan pada periode yang sama di Sirkuit Misano adalah Dani Pedrosa. Hal tersebut terjadi dalam gelaran MotoGP San Marino 2010 kala Pedrosa masih membela Repsol Honda.

Setelah itu, tak ada satu pun pembalap yang mampu mengulanginya, termasuk Marc Marquez yang dijuluki sebagai The Baby Alien. Sepanjang keikutsertaannya di pentas MotoGP, Marquez telah tiga kali menjadi pemenang di Misano. Namun, ia memenangkannya saat tidak menempati pole position.

Vinales sendiri sebenarnya bukan kali ini saja meraih pole position di Sirkuit Misano. Selama berkiprah sebagai pembalap MotoGP, The Top Gun telah sebanyak tiga kali meraih pole position di Sirkuit Misano.

Pertama kali pembalap berkebangsaan Spanyol itu mendapatkan pole position di Misano adalah pada gelaran MotoGP San Marino 2017. Akan tetapi, dalam balapan tersebut, posisi Vinales justru melorot dan hanya bisa finis keempat.

Pada balapan akhir pekan lalu, yakni MotoGP San Marino 2020, Vinales kembali tampil sebagai yang tercepat di sesi kualifikasi dan berhak atas pole position. Sayangnya, lagi-lagi Vinales gagal mengkonversi keuntungannya tersebut. The Top Gun hanya mampu finis keenam pada akhir pekan lalu.

Maverick Vinales

Barulah pada gelaran MotoGP Emilia Romagna 2020 ini Vinales tampil sempurna. Setelah menjadi yang tercepat di kualifikasi, The Top Gun kembali meroket pada balapan yang sesungguhnya.

Meskipun tak bisa dimungkiri bahwa keberhasilan Vinales memenangi balapan kali ini dipengaruhi juga oleh kegagalan Francesco Bagnaia. Pada saat balapan menyisakan tujuh putaran, Bagnaia yang berada di posisi terdepan mengalami kecelakaan. Vinales pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menempati urutan pertama dan menjadi pemenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini