Quartararo Rasakan Hal Positif dari Perangkat Baru Yamaha

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 38 2278691 quartararo-rasakan-hal-positif-dari-perangkat-baru-yamaha-rZC5EhTAyz.jpg Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

SAN MARINO – Hal positif dirasakan Fabio Quartararo saat tampil di sesi pengujian yang berlangsung di Sirkuit Misano, Selasa 15 September kemarin. Berbeda dengan tes pramusim, official test atau tes resmi ini hanya berlangsung selama satu hari saja.

Meski demikian, banyak hal positif yang disarakan pembalap berjuluk El Diablo tersebut. Sejumlah perangkat baru seperti knalpot, sasis, hingga sistem elektronik jadi fokus utama Yamaha pada pengujian kali ini.

Meski hanya menempati posisi kesembilan, catatan waktu rekan satu tim Franco Morbidelli itu hanya terpaut tipis dari Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang berada di posisi teratas. Hasil ini praktis membuat Quartararo kian percaya diri jelang tampil pada balapan akhir pekan nanti.

“Kami merasakan banyak hal positif pada pengujian ini. Saya rasa iItu adalah tes yang sangat tepat untuk kami karena kami memiliki kesempatan untuk menguji banyak bagian baru terutama mencoba beberapa hal pada elektronik,” ujar Quartararo, seperti dilansir dari laman Speedweek, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Pengujian di Misano Jadi Kesempatan bagi Quartararo Jajal Perangkat Baru

“Beberapa bagian seperti knalpot dan sasis baru sejauh ini cukup positif. Namun dengan sasis, masih sulit untuk benar-benar memahaminya karena perasaan saya sangat mirip,” lanjutnya.

“Kami masih harus mencermati datanya dan kemudian memutuskan apakah kami dapat menggunakannya untuk balapan nanti,” sambung Quartararo.

Seperti diketahui, selain sasis perangkat baru yang juga jadi perhatian Yamaha pada pengujian kemarin adalah knalpot M-1. Pabrikan Jepang terlihat menggunakan bentuk knalpot yang berbeda dari sebelumnya.

Knalpot M1 yang dipakai pada sesi pengujian terlihat lebih besar dan panjang. Banyak yang menilai perubahan bentuk ini dilakukan Yamaha dengan tujuan untuk mengejar ketertinggalan akselerasi dari motor pabrikan lain.

Jika dilihat secara sekilas, bentuk knalpot baru ini serupa dengan yang Yamaha gunakan pada 2004-2006 silam. Secara teori, knalpot dengan bentuk ini memang mengedepankan powed mid-up. Bisa jadi alasan utama Yamaha memang untuk menambah top speed pada motor mereka.

Meski demikian, belum diketahui pasti apakah knalpot baru ini akan langsung digunakan pada balapan selanjutnya. Bisa jadi perangkat ini masih disempurnakan untuk nantinya digunakan pada musim balap 2021 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini