Pengujian di Misano Jadi Kesempatan bagi Quartararo Jajal Perangkat Baru

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 38 2278440 pengujian-di-misano-jadi-kesempatan-bagi-quartararo-jajal-perangkat-baru-iOkHMUw95M.jpg Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

MISANO – Para pembalap baru saja menjalani pengujian di Sirkuit Misano usai dilangsungkannya balapan MotoGP San Marino 2020 akhir pekan lalu. Pengujian ini pun disambut positif oleh pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Quartararo sebenarnya merasakan kecewa setelah balapan MotoGP San Marino kemarin. Sebab, motor balap yang ditungganginya tergelincir sebanyak dua kali sehingga membuat pembalap berjuluk El Diablo itu tak bisa melaju hingga garis finis.

Padahal, sebelum insiden itu terjadi Quartararo tengah bersaing sengit untuk bisa menembus posisi keempat dalam balapan. Sayangnya, Quartararo justru tak membawa poin sama sekali lantaran gagal finis.

Baca juga:  Pembalap Pengganti Marquez Merasa Frustrasi Balapan di Sirkuit Misano

Fabio Quartararo

Kendati demikian, pengujian yang dilakukan di Misano pada Selasa 15 September 2020 malam WIB nyatanya menjadi pelipur lara tersendiri bagi Quartararo. Karena, dalam pengujian tersebut ia bisa menjajal berbagai perangkat baru yang telah dikembangkan oleh timnya.

Meski dalam pengujian tersebut Quartararo hanya bisa menempati urutan kesembilan dengan catatan waktu 1 menit 32,336 detik, namun si pembalap Prancis tak ingin terlalu ambil pusing. Karena yang menjadi fokusnya bukanlah catatan waktu, melainkan membiasakan diri dengan perangkat anyar Yamaha.

“Itu adalah tes yang sangat positif karena kami memiliki kesempatan untuk menguji banyak bagian baru dan mencoba beberapa hal pada elektronik. Knalpot, sasis baru, itu positif. Namun dengan sasis, masih sulit untuk benar-benar memahaminya karena feeling-nya sangat mirip,” ujar Quartararo, seperti dilansir dari Speedweek, Rabu (16/9/2020).

“Kami masih harus mencermati datanya dan kemudian memutuskan apakah kami dapat menggunakannya untuk balapan ini. Knalpot jauh lebih panjang dan lebih keras, tapi sayangnya kami tidak mendapatkan apapun dari akselerasi atau kecepatan tertinggi,” lanjut El Diablo.

“Kami memutuskan untuk hanya melakukan satu kali percobaan dengan knalpot itu. Kami juga melihat dari data bahwa itu tidak bagus untuk saya, jadi kami kembali ke knalpot standar,” pungkas Quartararo.

Fabio Quartararo

Berikutnya, balapan akan kembali dilangsungkan di Sirkuit Misano pada Minggu 20 Juni 2020 malam WIB. Hanya saja, kali ini dengan tajuk MotoGP Emilia Romagna 2020.

Quartararo membidik hasil maksimal dalam balapan tersebut agar bisa kembali ke puncak klasemen. Sebab, saat ini posisi Quartararo tergusur ke peringkat kedua setelah gagal finis di MotoGP San Marino. Quartararo mengoleksi 70 poin, tertinggal enam angka dari Andrea Dovizioso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini