Kejar Akselerasi Ducati, Rossi Jajal Knalpot Baru Yamaha pada Pengujian di Sirkuit Misano

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 38 2278539 kejar-akselerasi-ducati-rossi-jajal-knalpot-baru-yamaha-pada-pengujian-di-sirkuit-misano-wdeK3fbGdO.jpg Rossi jajal knapot baru pada sesi uji coba di sirkuit Misano (Foto: MotoGP)

SAN MARINO – Para pembalap di kelas utama MotoGP baru saja menyelesaikan tes uji coba di Sirkuit Misano pada Selasa 15 September 2020 kemarin. Berbeda dengan tes pramusim, official test atau tes resmi ini hanya berlangsung selama satu hari saja.

Pada uji coba kali ini, tim-tim pabrikan pun mendapat kesempatan untuk meriset kembali motor mereka. Mengatur kembali set-up motor yang dirasa belum tepat hingga menjajal perangkat baru yang diharapkan bisa menambah performa motor di lintasan.

Baca juga: Berkat Rossi, Para Pembalap Italia Berhasil Bangkit dari Keterpurukan di MotoGP

Salah satunya seperti yang dilakukan pabrikan Yamaha yang terlihat menjajal komponen anyar pada YZR-M1 mereka, Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, terlihat menggunakan knalppt baru pada motornya di sesi uji coba kali ini.

Berbeda dari yang sebelumnya, knalpot M1 milik Rossi kali ini terlihat lebih besar dan panjang. Banyak yang menilai perubahan bentuk ini dilakukan Yamaha dengan tujuan untuk mengejar ketertinggalan akselerasi dari motor pabrikan lain.

Seperti diketahui, motor Yamaha terbukti memiliki top speed paling rendah jika dibandingkan Ducati, Honda, Suzuki, hingga KTM. Hal tersebut terbukti pada uji coba di Sirkuit Red Bull Ring, Austria beberapa pekan lalu.

Pihak Yamaha yang sudah menyadari hal itu sepertinya mulai mencari cara untuk membuat motor mereka lebih bisa bersaing dengan pabrikan lain. Salah satu langkah yang tengah mereka coba adalah dengan mengubah bentuk knalpot.

Baca juga: Belum Bisa Maksimal, Vinales Tetap Puas dengan Hasil Pengujian di Misano

Jika dilihat secara sekilas, bentuk knalpot baru ini serupa dengan yang Yamaha gunakan pada 2004-2006 silam. Secara teori, knalpot dengan bentuk ini memang mengedepankan powed mid-up. Bisa jadi alasan utama Yamaha memang untuk menambah akselerasi pada motor mereka.

Meski demikian, belum diketahui pasti apakah knalpot baru ini akan langsung digunakan pada balapan selanjutnya, atau masih disempurnakan untuk digunakan pada musim balap 2021 mendatang.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini