Quartararo Alami Crash di Misano, Ini Penyebabnya

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 14 September 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 38 2277655 quartararo-alami-crash-di-misano-ini-penyebabnya-AYetEnidaT.jpg Fabio Quartararo (Foto: motogp.com)

MISANO – Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, membeberkan alasan dirinya mengalami crash ketika tampil di MotoGP musim 2020 seri San Marino. Quartararo tidak menampik adanya kesalahan teknis yang dialami motornya, yakni YZR-M1, di MotoGP San Marino 2020.

Sebagaimana diketahui, Quartararo sebenarnya berpotensi besar untuk bisa meraih hasil positif di MotoGP San Marino 2020. Terlebih, Quartararo sendiri berhasil start dari posisi ketiga dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano pada akhir pekan kemarin.

Ketika menjalani balapan di MotoGP San Marino 2020, Quartararo sendiri memang tampil cukup mengesankan dengan berada di baris terdepan. Akan tetapi sebuah kejadian nahas justru harus diderita Quartararo ketika memasuki lap ke-18.

Fabio  Quartararo

Ya, Quartararo yang sepanjang balapan menjadi salah satu unggulan harus mengalami crash. Kondisi tersebut pun memaksa El Diablo –julukan Quartararo– harus menyelesaikan balapan MotoGP San Marino 2020 lebih awal.

Baca Juga: Gagal Finis di Misano, Posisi Quartararo di Puncak Klasemen Digeser Dovizioso

Quartararo pun coba memberikan jawaban soal apa yang sebenarnya dialaminya ketika menjalani balapan di MotoGP San Marino 2020. Pembalap berusia 21 tahun tersebut menjelaskan bahwa adanya masalah mesin pada motor YZR-M1 yang dikendarainya.

Quartararo sendiri mengakui hingga kini belum dapat menemukan apa yang membuat motornya tersebut mengalami kendala kala mengaspal di MotoGP San Marino 2020. Quartararo mengatakan bahwa hingga kini para teknisi Tim Yamaha masih mencari tahu apa yang menjadi sumber masalah pada motornya tersebut.

“Saya ingin tahu rasanya jatuh di sisi kanan dan kiri! Saya merasakan hal aneh pada mesin dan kami memeriksanya, apa yang terjadi antara kontrol traksi dan anti-wheelie,” jelas Quartararo, seperti disadur dari Speedweek, Senin (14/9/2020).

“Saya mengubah gigi dan tenaga mesin agak berkurang. Mesinnya tak bermasalah, semua oke. Tapi saya merasakan hal aneh, jadi saya masuk pit. Tahun lalu, kami harus memanaskan ban keras dengan baik. Kami pun bilang: ‘Lakukan satu lap lagi dan kita lihat apakah mesinnya baik-baik saja’,” lanjutnya.

Baca Juga: Gagal Finis di Misano, Quartararo Akui Buat Banyak Kesalahan

“Akan tetapi pada saat masuk Tikungan 6, saya melaju perlahan, namun ban depan saya selip secara agresif. Sungguh aneh. Jadi saya tak bisa benar-benar menjelaskan kecelakaan kedua,” imbuh pembalap berkebangsaan Prancis tersebut.

Gara-gara hasil minor tersebut, Quartararo pun harus puas statusnya sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP 2020 direbut oleh Andrea Dovizioso. Kini Quartararo terpaut enam poin di belakangan DesmoDovi –julukan Dovizioso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini