Rossi Tetap Bahagia meski Gagal Segel Podium di Sirkuit Misano

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 14 September 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 38 2277216 rossi-tetap-bahagia-meski-gagal-segel-podium-di-sirkuit-misano-Up6OHXnzzW.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, tetap senang meski gagal meraih podium di MotoGP San Marino 2020. Sebab, ada hal lain yang membuat The Doctor –julukan Rossi– puas, yakni kecepatan YZR-M1.

Pembalap asal Italia itu sangat nyaman mengendarai YZR-M1 dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu 13 September 2020 malam WIB tersebut. Rossi menikmati balapan kandangnya tersebut meski hanya finis di posisi keempat.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

“Kami memiliki kecepatan yang sangat bagus dan saya merasa nyaman dengan motornya. Jadi, meski tanpa podium, saya menikmatinya,” ujar Rossi, menyadur dari laman resmi Yamaha, Senin (14/9/2020).

Penampilan apik Rossi di Sirkuit Misano sudah terlihat sejak awal balapan. Ia menempati posisi kedua sesaat setelah balapan dimulai. Rossi berada di belakang pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang memimpin balapan.

BACA JUGA: Optimis, Valentino Rossi Akui Peluangnya untuk Juarai MotoGP 2020 Cukup Besar

Morbidelli merebut posisi pertama dari rekan setim Rossi, Maverick Vinales, yang meraih pole position dalam kualifikasi. Sementara itu, posisi ketiga ditempati Jack Miller dari Pramac Ducati.

Morbidelli membuat jarak cukup jauh dengan para pembalap di belakangnya setelah melahap beberapa lap. Rossi yang berusaha mengejar Morbidelli justru disibukkan dengan perlawanan dari pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins.

Rins yang sebelumnya mampu menyalip Miller kini mengincar posisi kedua. Rossi pun fokus pada pertarungannya dengan Rins. Rossi melakukan rem dengan lambat pada setiap tikungan untuk menutup celah bagi Rins.

Rins kesulitan untuk menembus pertahanan The Doctor. Ketika pertarungan itu terjadi, pembalap Pramac Ducati, Francesco Bagnaia, perlahan-lahan mendekati Rins dan Rossi. Selain Bagnaia, rekan setim Rins, Joan Mir, juga meramaikan perburuan podium.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Setelah beberapa kali terlibat pertarungan sengit, Bagnaia bisa menyalip Rins dan Rossi. Nasib sial kembali menimpa Rins karena Mir mampu menyalipnya sehingga posisi keempat pun berpindah tangan.

Rossi berusaha untuk merebut posisi kedua kembali, tetapi tidak mudah melakukannnya. Bagnaia tampil apik dalam menghalau setiap serangan The Doctor. Upaya Rossi merebut posisi kedua justru berbuah petaka pada lap terakhir karena Mir menemukan celah untuk menyalip. Mir akhirnya mampu merebut posisi ketiga dari Rossi sesaat sebelum garis finis.

Podium yang sudah di depan mata gagal didapatkan Rossi. Akan tetapi, itu tidak membuat Rossi putus asa. Ia menjadikan hasil MotoGP San Marino 2020 sebagai bekal untuk balapan berikutnya yang juga akan berlangsung di Sirkuit Misano. Balapan berikutnya yang akan berlangsung pada Minggu 20 September mendatang bertajuk MotoGP Emilia-Romagna 2020.

“Itu adalah akhir pekan yang bagus untuk tim kami dan saya, karena kami selalu kompetitif. Ini sangat penting. Saya pikir kami dapat meningkatkan tiga atau empat hal untuk minggu depan, ketika kami memiliki kesempatan lain. Ini membuat saya semakin bahagia, karena kami bisa mencoba lagi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini