Yamaha Sesali Kegagalan Rossi Naik ke Atas Podium MotoGP San Marino 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 14 September 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 38 2277205 yamaha-sesali-kegagalan-rossi-naik-ke-atas-podium-motogp-san-marino-2020-mGQBMs7UgI.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

MISANO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, gagal naik ke atas podium di MotoGP San Marino 2020. Rossi cuma mampu menyegel posisi keempat dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu 13 September 2020 malam WIB.

Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli, pun ikut kecewa dengan kegagalan Rossi naik ke atas podium. Menurutnya, Rossi pantas finis di posisi tiga besar setelah tampil apik pada sepanjang balapan. Seandainya finis di posisi ketiga, Rossi akan mencatatkan podium ke-200 selama berkarier di MotoGP.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

“Valentino (Rossi) memiliki start bagus dan kecepatannya mumpuni sepanjang balapan. Sayang dia tidak bisa naik podium, karena itu akan menjadi suguhan nyata bagi tim dan juga para penggemar. Akan tetapi, cara dia tampil membesarkan hati, jadi yang pasti dia akan mencoba bertarung di depan lagi lain kali,” ujar Meregalli, menyadur dari laman resmi Yamaha, Senin (14/9/2020).

Rossi memang memulai balapan dengan sangat baik. Ia menempati posisi kedua sesaat setelah balapan dimulai. Rossi berada di belakang pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, yang memimpin balapan.

BACA JUGA: Gagalkan Poidum Ke-200 Rossi, Joan Mir Minta Maaf

Morbidelli merebut posisi pertama dari rekan setim Rossi, Maverick Vinales, yang meraih pole position dalam kualifikasi. Sementara itu, posisi ketiga ditempati Jack Miller dari Pramac Ducati.

Morbidelli membuat jarak cukup jauh dengan para pembalap di belakangnya setelah melahap beberapa lap. Rossi yang berusaha mengejar Morbidelli justru disibukkan dengan perlawanan dari pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins.

Rins yang sebelumnya mampu menyalip Miller kini mengincar posisi kedua. Rossi pun fokus pada pertarungannya dengan Rins. Rossi melakukan rem dengan lambat pada setiap tikungan untuk menutup celah bagi Rins.

Rins kesulitan untuk menembus pertahanan The Doctor. Ketika pertarungan itu terjadi, pembalap Pramac Ducati, Francesco Bagnaia, perlahan-lahan mendekati Rins dan Rossi. Selain Bagnaia, rekan setim Rins, Joan Mir, juga meramaikan perburuan podium.

Joan Mir vs Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Beberapa lap sebelum balapan berakhir, ada empat pembalap yang memperebutkan posisi kedua dan ketiga. Morbidelli yang di posisi pertama sudah sangat jauh memimpin balapan sehingga sulit dikejar Rossi, Rins, Bagnaia, dan Mir.

Setelah beberapa pertarungan sengit, Bagnaia bisa menyalip Rins dan Rossi. Nasib sial kembali menimpa Rins karena Mir mampu menyalipnya sehingga posisi keempat pun berpindah tangan.

Rossi berusaha untuk merebut posisi kedua kembali, tetapi tidak mudah melakukannnya. Bagnaia tampil apik dalam menghalau setiap serangan The Doctor. Upaya Rossi merebut posisi kedua justru berbuah petaka pada lap terakhir karena Mir menemukan celah untuk menyalip. Mir akhirnya mampu merebut posisi ketiga dari Rossi beberapa sesaat sebelum garis finis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini