Rossi Bisa Raih Gelar Juara Ke-10 asal Motor Yamaha Lebih Kompetitif

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 38 2269659 rossi-bisa-raih-gelar-juara-ke-10-asal-motor-yamaha-lebih-kompetitif-C8LXG0tM6I.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

LESMO – Mantan kepala teknisi Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Silvano Galbusera, yakin The Doctor –julukan Rossi– bisa meraih gelar juara ke-10. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi agar Rossi bisa kembali menjadi juara.

Syarat yang dimaksud Galbusera adalah peningkatan kualitas motor Yamaha, YZR-M1. Galbusera menilai kekurangan tidak terletak pada kemampuan Rossi, tetapi YZR-M1. Peningkatan harus dilakukan agar Rossi kembali menjadi yang terbaik.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Pendapat Galbusera cukup tepat karena dalam beberapa musim terakhir kualitas motor Yamaha ada di bawah kuda besi Mission Winnow Ducati dan Repsol Honda. Hal itu terbukti dari apa yang terjadi dalam tiga musim terakhir, ketika persaingan memperebutkan gelar juara didominasi pembalap dari dua tim pabrikan tersebut.

Andrea Dovizioso (Ducati) dan Marc Marquez (Repsol Honda) telah bersaing demi jadi yang terbaik. Persaingan tersebut selalu dimenangkan The Baby Alien –julukan Marquez– yang keluar sebagai juara dalam tiga musim beruntun.

BACA JUGA: Quartararo Berharap Rossi Masih Terus Membalap Hingga 10 Tahun Lagi

Lalu di mana Rossi saat kedua pembalap itu bersaing satu sama lain? Rossi finis kelima pada musim 2017, kemudian menempati posisi ketiga pada tahun berikutnya dan meraih posisi ketujuh di MotoGP 2018.

Yamaha harus meningkatkan kualitas YZR-M1 terutama di trek lurus. Peningkatan YZR-M1 akan membantu Rossi untuk menjuarai MotoGP 2020 sebagaimana pendapat Galbusera.

“Vale –sapaan akrab Rossi– bisa mendapatkan gelar ke-10, tetapi pertanyaannya adalah apakah kami (Yamaha) bisa memberi motor yang tepat untuk melakukan itu. Saat ini kekurangan lebih di pihak kami daripada di pihaknya,” kata Galbusera, menyadur dari Tutto Motori Web, Minggu (30/8/2020).

“Bagaimanapun, saya optimis dan percaya kami bisa melakukannya. Bagaimanapun, yang paling mendasar adalah membuktikan bahwa kami masih kompetitif dan yang terbaik dari semuanya, tentu saja bukan dalam jumlah gelar,” tuturnya.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Peluang Rossi untuk meraih gelar juara ke-10 di MotoGP 2020 cukup besar mengingat Marquez absen panjang akibat cedera. Rossi hanya harus konsisten untuk meraup banyak poin dalam setiap balapan yang dijalaninya.

Balapan terdekat yang akan Rossi hadapi adalah MotoGP San Marino 2020. Sirkuit Misano akan menjadi tempat penyelenggaraan balapan seri keenam musim 2020 tersebut. Rossi harus tampil apik dan minimal meraih podium dalam balapan yang akan berlangsung pada Minggu 13 September 2020 tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini