Share

Mir Akui Tak Mudah Lanjutkan Balapan Usai Insiden Horor di MotoGP Austria 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 38 2263512 mir-akui-tak-mudah-lanjutkan-balapan-usai-insiden-horor-di-motogp-austria-2020-1NR0xfzS6V.jpg Joan Mir. (Foto: Laman resmi MotoGP)

SPIELBERG – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku tak mudah baginya untuk melanjutkan balapan di MotoGP Austria 2020 usai insiden horor terjadi. Tetapi, ia bersyukur akhirnya bisa tetap menunjukkan penampilan apik hingga membawanya meraih hasil manis.

Insiden besar memang mewarnai balapan MotoGP Austria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu 16 Agustus 2020 malam WIB. Hal mengerikan itu tepatnya terjadi di tikungan ketiga pada lap kedelapan.

Insiden di MotoGP Austria 2020

Kala itu, Morbidelli yang berupaya menyalip Zarco menabrak motor pembalap berpaspor Prancis tersebut. Meski Morbidelli yang menabrak, namun Zarco disebut layak disalahkan. Zarco dinilai banyak pembalap layak disalahkan karena menutup pergerakan Morbidelli secara ilegal.

BACA JUGA: Finis Ke-7 di MotoGP Austria 2020, Quartararo Cari Solusi untuk Balapan Berikutnya

Alhasil, Motor kedua pembalap itu terpental dengan keras hingga menabrak dinding Sirkuit Red Bull Ring. Motor Zarco dan Morbidelli bahkan hampir mencelakai Valentino Rossi yang melintas setelah kecelakaan itu.

Beruntung, Rossi masih bisa lolos dari maut walau dua motor melayang tepat di depan matanya. Red flag pun tak lama berkibar sehingga balapan dihentikan sementara. Balapan baru dimulai lagi dengan posisi terakhir para pembalap di lap kedelapan.

Mir mengakui tak mudah untuk mengenakan helm lagi dan melanjutkan balapan. Ia pun meyakini perasaan tersebut tak hanya dirasakan olehnya, tetapi juga pembalap lain di MotoGP. Terlebih, insiden hampir merenggut nyawa Rossi.

Tetapi, penampilan apik akhirnya bisa ditunjukkan Mir. Insiden tersebut tak memengaruhi fokus pembalap asal Spanyol itu untuk mentas di MotoGP Austria 2020 yang berlangsung kemarin malam.

Alhasil, Mir pun menyelesaikan balapan di urutan kedua. Ia menyelesaikan balapan dengan catatan waktu terpaut 1,377 detik dari Andrea Dovizioso yang keluar sebagai pemenang. Ini menjadi podium pertama yang didapat Mir di kelas MotoGP.

Joan Mir

“Peningkatan dari kualifikasi membuat perbedaan pada akhir pekan ini. Awalnya menjadi bagus. Ini merupakan titik lemah saya. Biasanya kami memiliki kecepatan balapan yang baik, tetapi di mana kami berjuang maka sulit untuk memulihkan posisi,” ujar Mir, sebagaimana dikutip dari Crash, Senin (17/8/2020).

“Insiden di balapan pertama, tidak mudah memasang helm lagi, tapi itu sama untuk semua orang. Kami senang tidak ada yang terluka parah,” tukas rekan setim Alex Rins itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini