Kondisi Sirkuit Brno Bergelombang, Valentino Rossi Belum Bisa Tampil Cepat

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 38 2258886 kondisi-sirkuit-brno-bergelombang-valentino-rossi-belum-bisa-tampil-cepat-XCFiumDtzi.jpeg Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. (Foto: Twitter Monster Yamaha)

BRNO – Direktur Tim Monster Energy Yamaha, Massimo Meregalli, mengakui Valentino Rossi gagal tampil bersinar di sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Republik Ceko 2020 yang berlangsung pada Jumat 7 Agustus 2020. Rossi gagal tampil cepat karena menurut pemaparan Meregalli, pembalap Italia itu kesulitan menemukan cengkraman pada ban motornya.

Khususnya ban pada bagian belakang yang membuat Rossi pada akhirnya kesulitan untuk memacu motor YZR-M1 miliknya dengan cepat. Kondisi Sirkuit Brno, Republik Ceko yang sedikit bergelombang juga menjadi alasan mengapa The Doctor terlihat kesulitan di sesi latihan bebas pertama dan kedua.

Baca Juga: Rossi Kembali Bermasalah dengan Daya Cengkeram di Brno

Valentino Rossi

Alhasil, pada sesi latihan bebas pertama Rossi hanya bisa berada di urutan kedelapan dalam daftar pembalap tercepat di sesi tersebut. Pada sesi latihan bebas kedua hasil yang didapatkan Rossi semakin buruk, ia hanya bisa berada di urutan ke-12.

Tentunya hasil tersebut sangatlah buruk dan Meregalli berharap Yamaha dan Rossi bisa menemukan solusi terbaik sebelum balapan MotoGP Republik Ceko 2020 yang berlangsung pada Minggu 9 Agustus 2020 malam WIB nanti. Meregalli berjanji bakal membantu mencarikan solusi terbaik saat sesi latihan bebas hari kedua, Sabtu (8/8/2020).

“Valentino saat ini fokus membenahi degradasi ban belakang, karena balapan 21 lap pada Minggu nanti akan menjadi tantangan baginya. Ada banyak opsi ban yang perlu kami pertimbangkan,” ungkap Meregalli, dikutip dari laman resmi YamahaMotoGP, Sabtu (8/8/2020).

“Kami akan bekerja keras malam ini untuk lebih meningkatkan performa kami besok sehingga kami dapat memiliki kedua pembalap di kualifikasi kedua. Intinya kami senang bisa kembali beraksi, tetapi jelas dari sesi hari ini bahwa kondisi trek Brno sangat berbeda dengan kondisi di Jerez dua minggu lalu,” sambung Meregalli.

“Aspal di sini cukup bergelombang dan tidak ada grip tepi, yang menjadi tantangan bagi kami, karena kecepatan menikung yang tinggi biasanya merupakan keahlian kami. Meski begitu, kami membuat kemajuan yang baik, dan kondisi trek juga akan membaik karena semakin banyak karet dipasang sepanjang akhir pekan,” tambahnya.

Valentino Rossi

Tentunya Rossi tak ingin masalah ban menjadi hal yang menganggunya tampil baik di balapan seri Ceko nanti. Apalagi seperti yang diketahui The Doctor berpeluang mengukir catatan manis dalam kariernya di dunia balap motor grand prix tertinggi tersebut saat tampil di Sirkut Brno nanti. Tepatnya Ia bisa mendapatkan podium ke-200 di kelas premier.

Sejauh ini, Rossi diketahui telah meraih 199 podium selama kariernya di kelas premier. Podium ke-199 sendiri diraih pembalap asal Italia itu saat mentas di seri sebelumnya yang bertajuk MotoGP Andalusia 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini