Nakagami Akan Tiru Gaya Balap Marquez Sepanjang MotoGP 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 38 2258856 nakagami-akan-tiru-gaya-balap-marquez-sepanjang-motogp-2020-uTfwUewyHs.jpg Takaaki Nakagami tidak ragu meniru gaya balap Marc Marquez (Foto: MotoGP)

BRNO – Pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami, berhasil tampil impresif pada seri kedua di MotoGP Andalusia 2020, 26 Juli lalu. Rahasia dari penampilan impresif itu adalah meniru gaya balap Marc Marquez. Cara serupa akan kembali dipakai pada seri ketiga MotoGP Republik Ceko 2020.

Segenap penghuni paddock MotoGP terkejut ketika Takaaki Nakagami mencatatkan waktu satu putaran tercepat pada sesi latihan bebas dua (FP2), Jumat 24 Juli 2020 malam WIB. Pasalnya, pembalap berpaspor Jepang itu mengaspal dengan motor RC213V edisi 2019.

Kejutan berlanjut pada FP4 hingga balapan. Takaaki Nakagami mampu finis pada posisi empat di Sirkuit Jerez-Angel Nieto. Banyak pihak yang heran dengan penampilan impresif tersebut. Ternyata, semua bermula dari garasi motor LCR Honda.

Baca juga: Nakagami Akui Tiru Gaya Balap Marquez di MotoGP Andalusia 2020

Takaaki Nakagami menjadi tumpuan Honda (Foto: MotoGP)

Pemakaian motor RC213 edisi 2019 sungguh membantu Takaaki Nakagami. Sebab, ia bisa menengok dan mempelajari data telemetri Marc Marquez pada 2019. Data tersebut sangat membantunya untuk memahami gaya balap yang pas untuk menaklukkan kuda besi bertenaga besar itu.

“Tidak mudah untuk meniru gaya balapnya, tetapi HRC (Honda Racing Corporation) mengatakan siap membantu saya sepanjang pekan balapan. Kami lantas meneliti data telemetri dari balapan pertama, terutama pada aspek pengereman,” papar Takaaki Nakagami, dilansir dari Crash, Sabtu (8/8/2020).

“Saya menemukan cara yang sangat berbeda dalam menghentikan motor. Jadi, pada seri kedua kami mencoba cara itu di semua sesi. Ada sedikit perasaan bersalah, tetapi ketika mengecek catatan waktu, saya melihat ada perbaikan. Jadi, saya kembali mendapat kepercayaan diri,” imbuh pria berusia 28 tahun itu.

Teknik mengeram yang benar-benar berbeda itu sukses memberikan finis terbaik sepanjang kariernya di MotoGP. Karena itu, Takaaki Nakagami akan terus menggunakan cara yang sama pada 11 balapan tersisa.

“Sulit dijelaskan, tetapi Marc berupaya keras menemukan gaya balap tertentu untuk teknik pengereman itu. Semoga saja kami bisa mengadaptasinya di sepanjang musim. Sekarang, saya menemukan cara yang bagus untuk meningkatkan performa dan akan terus melakukannya,” tukas pria asal Prefektur Chiba itu.

Keinginan Takaaki Nakagami tersebut cukup beralasan. Dengan absennya Marc Marquez, maka tumpuan harapan Honda untuk meraup sebanyak mungkin pada kategori konstruktor berada di pundaknya. Apalagi, Cal Crutchlow dan Alex Marquez yang sama-sama memakai motor Honda, tidak bisa diandalkan.

Pembalap pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl, pun tidak bisa diharapkan. Pria berpaspor Jerman itu tidak dibebani target apa-apa selama di Brno. Kalau sudah begitu, wajar jika Takaaki Nakagami mengulangi resep jitunya di Jerez dua pekan lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini