Murka Puig terhadap Dokter yang Izinkan Marquez Tampil di MotoGP Andalusia 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 38 2258314 murka-puig-terhadap-dokter-yang-izinkan-marquez-tampil-di-motogp-andalusia-2020-gR3LDvxPg3.jpg Alberto Puig (Foto: Istimewa)

BARCELONA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, absen di MotoGP Republik Ceko 2020. Balapan seri ketiga musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020.

Marquez absen karena belum pulih 100 persen usai menjalani operasi kedua pada lengan kanannya yang patah. Tindakan medis diambil karena pelat titanium yang dipasang pada operasi pertama rusak, karena tekanan berlebihan pada lengan kanannya.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Kemungkinan besar tekanan berlebihan itu akibat aksi nekat Marquez yang tampil pada balapan sebelumnya, MotoGP Andalusia 2020. Marquez mendapatkan izin tampil dari para dokter meski baru menjalani operasi. Marquez akhirnya mundur karena tidak mampu balapan.

Manajer Tim Honda, Alberto Puig, pun murka terhadap para dokter yang mengizinkan Marquez tampil di MotoGP Andalusia 2020. Puig menyatakan dokter-dokter itu tidak memberitahu bahwa pelat pada lengan kanan Marquez bisa rusak.

BACA JUGA: Siap Gantikan Marquez, Bradl Sudah Nantikan Panggilan Honda sejak di Jerez

Honda mungkin tidak akan membiarkan pembalap andalannya itu tampil jika para dokter memberitahu risiko yang menanti Marquez. The Baby Alien –julukan Marquez– pun butuh waktu lebih lama untuk pulih dari cederanya.

“Ini mungkin disebabkan setelah semua tekanan yang dialami di lengan. Akan tetapi, kami pergi ke Sirkuit Jerez karena dokter memberi izin untuk melakukannya dan mereka tidak pernah memberi tahu kami bahwa pelatnya bisa rusak," ujar Puig, menyadur dari laman resmi MotoGP, Jumat (7/8/2020).

Marquez tidak hanya akan absen di MotoGP Republik Ceko 2020, tetapi juga pada dua seri berikutnya yang akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, 16 dan 23 Agustus mendatang. Sebelumnya, Marquez sudah absen pada dua balapan pertama musim ini yang berlangsung di Sirkuit Jerez, yakni seri Spanyol dan Andalusia.

Marquez secara keseluruhan absen pada lima balapan pertama musim ini. The Baby Alien kemungkinan besar baru bisa membalap lagi di MotoGP San Marino 2020. Balapan itu akan berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu 13 September 2020.

Hal itu membuat Marquez kehilangan banyak poin pada awal musim ini. Pembalap berpaspor Spanyol itu pun menghadapi tantangan lebih besar untuk mempertahankan gelar juaranya. Peluang Marquez menjuarai MotoGP 2020 tetap ada, tetapi tidak sebesar sebelumnya.

Nasib buruk Marquez musim ini ironisnya menjadi berkah bagi para pembalap lain. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) punya kesempatan untuk menjadi pembalap terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini