5 Atlet Perempuan Muslim Paling Sukses Sepanjang Masa

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 03 Agustus 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 43 2256024 5-atlet-perempuan-muslim-paling-sukses-sepanjang-masa-G4u9lXexgM.jpg Laila Ali. (Foto: AFP)

KIPRAH manis berhasil ditunjukkan oleh atlet-atlet Muslim di dunia. Tak hanya pria, tetapi para atlet perempuan Muslim juga diketahui berhasil menorehkan prestasi gemilang di berbagai cabang olahraga.

Bahkan, beberapa di antara mereka tak jarang berkarier di cabang olahraga yang terbilang berbahaya, seperti tinju. Prestasi gemilang yang berhasil mereka ukir akhirnya membawa nama-nama atlet ini melambung dan tersohor di dunia.

Kali ini, Okezone pun akan membahas atlet-atlet perempuan Muslim yang berhasil menorehkan prestasi manis. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (3/8/2020), berikut lima atlet perempuan Muslim paling sukses sepanjang masa.

5. Roqaya Al Gassra

Di urutan kelima, ada nama Roqaya Al Gassra. Ia diketahui merupakan atlet perempuan Muslim asal Bahrain yang berkarier di cabang olahraga atletik. Karier Al Gassra sebagai pelari pun terbilang apik.

Roqaya Al Gassra

Al Gassra berhasil menyabet medali emas di Asian Games 2006. Kemudian, ia juga turut mewakili Bahrain saat mentas di Olimpiade Beijing 2008 serta Kejuaraan Dunia Atletik pada 2009. Pelari kelahiran 6 September 1982 ini pun selalu mengenakan hijab dalam setiap pertandingan.

4. Rubab Raza

Kemudian, ada nama Rubab Raza. Ia merupakan seorang perenang perempuan asal Pakistan. Karier Raza sendiri tak kalah gemilang dari Roqaya Al Gassra. Atlet perempuan Muslim kelahiran 15 Januari 1991 ini bahkan mencatatkan namanya sebagai perenang perempuan pertama asal Pakistan yang tampil di Olimpiade.

Rubab Raza

Penampilan pertama Raza di Olimpiade terjadi pada 2004. Selama berkarier sebagai perenang, Raza berhasil menyabet dua medali perak dan satu perunggu di ajang Asian Games.

3. Ghada Shouaa

Selanjutnya, di urutan ketiga, ada nama Ghada Shouaa. Ia merupakan atlet heptathlon atau olahraga atletik gabungan yang terdiri atas tujuh cabang nomor pertandingan.

Ghada Shouaa

Kiprah Shouaa di cabang olahraga ini pun terbilang gemilang. Ia bahkan berhasil mendulang medali emas di Olimpiade 1996. Itu menjadi medali emas satu-satunya yang diraih Suriah dari pentas Olimpiade kala itu.  

2. Kiran Khan

Kemudian, ada nama Kiran Khan. Dia merupakan seorang perenang Muslim asal Pakistan. Namanya telah tersohor karena prestasi manis yang berhasil diukirnya selama berkarier di cabang olahraga renang.

Kiran Khan

Sosok Khan pertama kali menjadi perhatian di Pakistan kala mengikuti Kejuaraan Nasional di negaranya pada 2001. Kala itu, ia bisa memenangkan tujuh medali emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Kariernya pun terus menanjak setelah itu. Khan bahkan pernah mewakili Pakistan di Olimpiade Beijing 2008, Commonwealth Games, serta Asian Games.

1. Laila Ali

Di posisi puncak, ada nama Laila Ali. Tentu saja, nama ini sudah familier di telinga para pencinta olahraga tinju. Ya, Laila Ali merupakan putri dari legenda tinju dunia, yakni Muhammad Ali.

Laila Ali

Karier yang diukir Laila pun tak kalah manis dari sang ayah. Ia tak pernah terkalahkan. Laila menyapu bersih kemenangan di 24 pertarungan yang dijalani selama kariernya. Ia pun memegang gelar WBC, WIBA, IWBF, dan IBA.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini