Graziano Anggap Wajar Debat antara Rossi dan Yamaha

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 38 2253919 graziano-anggap-wajar-debat-antara-rossi-dan-yamaha-TAFJBJ9SXC.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

JEREZ – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, secara mengejutkan mampu mengakhiri MotoGP Andalusia 2020 di posisi ketiga. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020 itu, Rossi finis setelah rekan setimnya, Maverick Vinales, dan Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT.

Namun, terjadi perdebatan antara Rossi dan Yamaha sebelum mengukir hasil apik itu. Debat yang berlangsung selama empat hari itu berkaitan dengan pengaturan motor Yamaha, YZR-M1. Banyak orang bingung mengapa Yamaha begitu sulit menerima saran Rossi, tetapi tidak dengan ayah The Doctor –julukan Rossi, Graziano Rossi.

Valentino Rossi (Foto: MotoGP)

Graziano maklum ada perbedaan sudut pandang antara Rossi dengan Yamaha soal pengaturan. Sebab, para pembalap lain yang lebih muda (Vinales dan Quartararo) melaju kencang dengan pengaturan yang hampir serupa.

Debat yang terjadi mampu dimenangkan Rossi. The Doctor pun tampil di MotoGP Andalusia 2020 dengan pengaturan yang dimaunya. Pengaturan pilihan Rossi terbukti ampuh pada balapan pekan lalu.

BACA JUGA: Graziano: Rossi Frustrasi sebelum Tampil di MotoGP Andalusia 2020

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa posisi ketiga yang diraih Rossi juga berbau keberuntungan. Sebab, ada dua pembalap yang sebelumnya berada di belakang Quartararo gagal finis.

Para pembalap yang gagal finis itu adalah Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) dan rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli. Meski begitu, Rossi terhitung tampil apik pada pekan lalu.

“Sering ada sudut pandang yang berbeda antara mereka yang membangun motor dan pembalap. Dibutuhkan diplomasi. Itu juga hal yang 'politis', seperti kata anak saya,” ujar Graziano, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (29/7/2020).

“Yang termuda, Quartararo, Vinales, selalu berlari cepat (dengan pengaturan yang sama). Logis bahwa Yamaha bingung ketika Valentino (Rossi) menyuruhnya berubah, untuk mempersonalisasi YZR-M1 untuknya. Itu terjadi tiba-tiba, berjalan dengan baik,” katanya.

Hasil apik di MotoGP Andalusia 2020 akan membuat kepercayaan diri Rossi meningkat. The Doctor diyakini siap untuk mengulang hasil positif serupa pada balapan berikutnya, MotoGP Republik Ceko 2020.

Balapan seri ketiga musim 2020 itu akan berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020. Pesaing Rossi untuk memperebutkan podium di Sirkuit Brno adalah Vinales, Quartararo, dan Marc Marquez (Repsol Honda) jika sudah pulih dari cedera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini