Bukan Hanya Marquez, Crutchlow Juga Jalani Operasi Usai MotoGP Spanyol 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 38 2248960 bukan-hanya-marquez-crutchlow-juga-jalani-operasi-usai-motogp-spanyol-2020-rUUOqhAC03.jpg Cal Crutchlow. (Foto: Twitter LCR Honda)

JEREZ – Nasib siap menimpa sejumlah pembalap saat melakoni balapan seri perdana MotoGP 2020. Insiden tak hanya dialami pembalap bintang Repsol Honda, Marc Marquez, tetapi juga rider tim satelit Honda, yakni Cal Crutchlow.

Crutchlow dikabarkan juga mengalami cedera usai menjalani balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada Minggu 19 Juli 2020 malam WIB dengan tajuk MotoGP Spanyol 2020. Ia mengalami patah tulang skafoid atau pergelangan tangan kiri.

Insiden Cal Crutchlow

Cedera tersebut dialami Crutchlow setelah terjatuh saat sesi pemanasan yang dilakukan beberapa jam sebelum balapan MotoGP Spanyol 2020 digelar. Meski bisa bangun sendiri setelah insiden tersebut, pembalap asal Inggris itu tak bisa menjalani balapan seri perdana.

BACA JUGA: Patah Lengan Kanan, Marquez: Saya Akan Kembali Balapan Secepat Mungkin!

Crutchlow langsung dilarikan ke Rumah Sakit di Jerez untuk menjalani CT scan headshot. Hasilnya, ia dipastikan harus naik meja operasi karena mengalami patah tulang skafoid. Sama seperti Marquez, operasi juga dijadwalkan berlangsung pada Selasa 21 Juli 2020 waktu setempat.

Kondisi ini tentu saja menjadi pukulan tersendiri bagi Honda di awal musim MotoGP 2020. Sebab, penampilan Marquez dan Crutchlow sendiri menjadi tumpuan mereka dalam merebut berbagai gelar juara yang tersedia di MotoGP 2020.

Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, sendiri telah mengonfirmasi cedera tersebut. Ia mengatakan bahwa Crutchlow akan menjalani operasi arthroscopic untuk mempercepat pemulihannya.

Meski begitu, Cecchinello optimis Crutchlow bisa segera pulih dan menjalani balapan di seri kedua MotoGP 2020. Dalam tajuk MotoGP Andalusia 2020, balapan seri kedua akan berlangsung di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini, tepatnya mulai 24-26 Juli 2020.

Usai insiden, Crutchlow memberi keterangan soal kondisinya saat ini. Ia mengaku mengalami sakit di bagian tangan dan wajah usai terjatuh dari motor balapnya dan terguling beberapa kali hingga mendarat di gravel.

"Sayangnya pagi ini, di putaran terakhir pemanasan, saya jatuh. Tampaknya, ketika saya menginjak rem bagian depan motor tergelincir dan saya tidak dapat menghindari terjatuh,” ujar Crutchlow, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Senin (20/7/2020).

Penampilan Cal Crutchlow

“Jatuh di kerikil, saya mulai berguling, saya mengalami beberapa rasa sakit ke kepala, khususnya ke wajah. Saya sedikit linglung setelah kecelakaan itu dan sedikit sakit di seluruh tubuh saya, terutama tangan saya,” lanjutnya.

"Namun, dengan memar di wajah, Dr Angel Charte menjelaskan saya perlu istirahat delapan jam, yang saya pikir merupakan keputusan yang tepat. Ketika saya kembali ke sirkuit, saya mulai merasakan sedikit rasa sakit di pergelangan tangan kiri saya, jadi saya melakukan rontgen lagi dan tulang skafoid saya tampaknya rusak,” tukas Crutchlow.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini