Garcia: Kontrak Baru Buat Vinales Lebih Fokus pada MotoGP 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 38 2245021 garcia-kontrak-baru-buat-vinales-lebih-fokus-pada-motogp-2020-yYXd9k6D81.jpg Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

MADRID – Manajer kru Maverick Vinales, Esteban Garcia, menyatakan kontrak baru dari Monster Energy Yamaha sangat penting untuk pembalap asuhannya. Garcia menilai kejelasan nasib untuk dua musim ke depan akan menambah fokus Vinales pada MotoGP 2020.

Sebagaimana dikehatui, kontrak Vinales bersama Yamaha sejatinya akan habis pada akhir musim ini. Kondisi itu membuat Vinales jadi buruan tim-tim pabrikan MotoGP. Mission Winnow Ducati kencang dikabarkan tertarik untuk memiliki jasa pembalap berpaspor Spanyol tersebut.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

Menilik jasa Vinales laris di bursa pembalap, Yamaha pun bergerak cepat untuk memperpanjang masa baktinya. Tim pabrikan yang bermarkas di Iwata, Jepang itu, memberikan Vinales kontrak baru berdurasi dua tahun.

Kontrak baru itu membuat Vinales sekarang memiliki kendali langsung dalam pengembangan motor YZR-M1. Yamaha menaruh kepercayaan besar pada Vinales, yang akan menjadi pembalap andalan mereka di masa depan.

BACA JUGA: Peran Penting Vinales di Balik Performa Impresif Quartararo

Vinales akan mengambil alih peran Valentino Rossi, sebagai pembalap andalan Yamaha. Pada dua musim mendatang, Vinales akan berpartner dengan Fabio Quartararo yang pindah ke Yamaha dari tim satelit (Petronas Yamaha SRT). Quartararo akan mengisi posisi Rossi yang tidak mendapatkan perpanjangan kontrak.

Kontrak baru yang Vinales dapat membuat Garcia ikut senang. Manajer kru Vinales itu menilai Top Gun –julukan Vinales– akan lebih tenang menjalani MotoGP 2020, setelah menerima kontrak baru dari Yamaha.

Garcia mengira setiap pembalap yang belum jelas masa depannya akan kesulitan pada musim ini. Apalagi, MotoGP 2020 tidak akan berlangsung sama seperti musim-musim yang lalu. Pandemi virus corona (Covid-19) membuat para pembalap akan melaju di tengah situasi baru, yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Para pembalap pun harus beradaptasi dengan situasi sekarang, agar bisa tampil apik dalam kejuaraan. Hal itu akan lebih mudah dilakukan, jika sudah masa depan pembalap sudah jelas. Vinales yang sudah tahu timnya untuk dua musim ke depan, seharusnya bisa tampil apik pada musim ini.

“Memiliki kontrak memberi Anda ketenangan pikiran. Bayangkan situasi Covid-19, dengan ketidakpastian sehingga Anda tidak memiliki kontrak. Itu waktu yang tepat,” kata Garcia,menyadur dari Tutto Motori Web, Minggu (12/7/2020).

“Yamaha berusaha keras agar dia tetap tinggal dan itulah yang paling dia hargai karena ada banyak pilihan baginya untuk pergi. Ketika Yamaha melihat bahwa ada kemungkinan dia bisa pergi, dia segera memobilisasi untuk menahannya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini