Peran Penting Vinales di Balik Performa Impresif Quartararo

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 38 2244652 peran-penting-vinales-di-balik-performa-impresif-quartararo-IwDPp3Vdhp.jpg Maverick Vinales dan Fabio Quartararo (Foto: MotoGP)

LESMO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maveric Vinales, rupanya menjadi salah satu sosok penting di balik penampilan Fabio Quartararo sepanjang 2019 kemarin. Seperti diketahui, pembalap Prancis itu tampil sangat baik meski memiliki predikat sebagai pendatang baru di kelas utama MotoGP.

Quartararo tak menyangkal ada pengaruh Vinales yang membantunya tampil apik di lintasan. Quartararo menjelaskan, dirinya melihat hampir sebagian besar data milik Vinales untuk bisa tampil kompetitif di lintasan. Kesamaan gaya balap menjadi alasan Quartararo menjadikan Vinales sebagai contoh.

Salah satunya adalah ketika tampil di seri Argentina, ketika Quartararo menganggap Sirkuit Ricardo Tormo kurang sesuai dengan gaya balapnya. Demi bisa mendapat kecepatan maksimal, Quartararo mengaku saat itu dirinya mengadopsi sebagian besar data milik Vinales.

“Maverick (Vinales) menjadi salah satu yang terbaik. Tahun lalu 80% dari waktu saya melihat datanya karena saya pikir kami memiliki gaya yang sama di lintasan,” ungkap Quartararo, seperti dilansir dari laman Tuttomotoriweb, Sabtu (11/7/2020).

Baca juga: Quartararo Nikmati Melaju di Lintasan Lurus Sirkuit Mugello

Quartararo sendiri kembali menjadi sorotan jelang bergulirnya musim balap 2020. Performa apik sepanjang MotoGP 2019 kemarin membuatnya diprediksi bakal jadi salah satu pembalap yang berpeluang untuk meraih gelar juara musim ini.

Terlebih, pembalap Prancis itu tampil cukup baik sepanjang tes pramusim pada awal 2020 kemarin. Quartararo dan sebagian pembalap Yamaha lain hampir selalu berada di urutan teratas dalam catatan waktu putaran terbaik.

Quartararo sendiri mengaku sudah tidak sabar menunggu dimulainya balapan MotoGP 2020. Rekan satu tum Franco Moridelli itu mengaku sudah sangat rindu untuk berkompetisi di lintasan balap dengan para pembalap lainnya. Khususnya dengan Marc Marquez, seseorang yang selalu gagal ia kalahkan di sepanjang MotoGP 2019.

Karena kegagalan itu, Quartararo pun jadi penasaran untuk bisa mengalahkan pembalap Tim Repsol Honda tersebut di musim 2020 nanti. Ia akan memastikan kejadian MotoGP 2019 takkan terulang kembali karena dirinya siap untuk membuat 2020 menjadi tahun terburuk Marquez.

Hal itu dikatakan Quartararo karena ia tahu betul semenjak Marquez naik kelas ke MotoGP pada 2013 silam, The Baby Alien itu tak pernah merasakan musim terburuknya. Satu-satunya tahun Marquez gagal menjadi juara dunia adalah di MotoGP 2015, namun itu pun rider Spanyol tersebut masih bisa bertengger di peringkat ketiga di klasemen akhir pembalap tahun tersebut.

“Saya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengalahkannya (Marquez) pada musim lalu. Marc mengalami musim yang sangat hebat. Terlepas dari kejadian Austin (saat Marquez terjatuh), hasil terburuk yang diraihnya adalah finis kedua!” ungkap Quartararo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini