5 Atlet Perempuan Muslim yang Miliki Karier Cemerlang

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 43 2244223 5-atlet-perempuan-muslim-yang-miliki-karier-cemerlang-NdtDpD9fQ0.jpg Ibtihaj Muhammad. (Foto: AFP)

DUNIA olahraga diwarnai dengan prestasi gemilang yang berhasil diukir sederet atlet Muslim. Di dunia sepakbola sendiri, diketahui ada banyak pemain Muslim yang dapat menunjukkan karier apik, seperti Mesut Ozil, Karim Benzema, Sadio Mane, hingga Mohamed Salah.

Kondisi seperti ini nyatanya tak hanya terlihat di dunia sepakbola. Dalam banyak cabang olahraga lainnya, ada juga atlet-atlet Muslim yang dapat membawa harum namanya serta negara tercinta di berbagai kejuaraan.

Kali ini, Okezone pun akan membahas atlet-atlet perempuan Muslim yang bisa menorehkan prestasi manis. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020), berikut lima atlet perempuan Muslim yang memiliki karier cemerlang.

5. Laila Ali

Di urutan kelima, ada nama Laila Ali. Ia merupakan seorang mantan petinju perempuan yang menjadi kebanggaan Amerika Serikat. Karier gemilang berhasil ditunjukkan petinju kelahiran 30 Desember 1977 itu sebelum akhirnya pensiun.

Laila Ali dan Muhammad Ali

Selama kariernya, Laila tak pernah terkalahkan. Ia menyapu bersih kemenangan di 24 pertarungan yang dijalani. Laila pun memegang gelar WBC, WIBA, IWBF, dan IBA. Jika mendengar nama belakang Laila, tentu saja kita akan mengetahui bahwa kehebatan tersebut menurun langsung dari sang ayah yang merupakan legenda tinju dunia, yakni Muhammad Ali.

4. Kariman Abuljadayel

Selanjutnya, ada Kariman Abuljadayel. Ia adalah seorang sprinter atau pelari dari Arab Saudi. Tak hanya mengukir karier gemilang di cabang olahraga atletik, Abuljadayel juga mengukir sejarah fantastis.

Kariman Abuljadayel

Abuljadayel mencatatkan namanya sebagai atlet perempuan berhijab pertama dari Arab Saudi yang berpartisipasi pada cabor sprinter 100 meter di ajang Olimpiade 2016. Keikutsertaannya kala itu pun tak membuahkan medali, tetapi namanya tetap mendapat sorotan besar dari publik.

3. Maedeh Borhani

Maedeh Borhani juga masuk daftar atlet perempuan Muslim yang memiliki karier cemerlang. Ia merupakan salah satu pevoli kebanggaan Iran. Bermainnya Borhani ke klub asal Bulgaria, yakni Shumen W, telah menjadikannya sebagai pemain voli perempuan pertama Iran yang bermain di luar negeri.

Maedeh Borhani

Kehebatan pevoli kelahiran 22 Juni 1988 itu memang sudah tak perlu diragukan lagi. Borhani bahkan sudah membuat Presiden Iran, Hassan Raouhani, mengizinkannya untuk fokus berkarier di cabang olahraga voli.

2. Kiran Khan

Di urutan kedua, ada Kiran Khan. Dia merupakan seorang perenang Muslim asal Pakistan. Namanya telah tersohor karena prestasi manis yang berhasil diukir. Sosok Khan pertama kali menjadi perhatian di Pakistan kala mengikuti Kejuaraan Nasional di negaranya pada 2001.

Kiran Khan

Kala itu, Khan bisa memenangkan tujuh medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu. Kariernya pun terus menanjak setelah itu. Khan bahkan pernah mewakili Pakistan di Olimpiade Beijing 2008, Commonwealth Games, serta Asian Games.

1. Ibtihaj Muhammad

Terakhir, ada Ibtihaj Muhammad. Ia merupakan atlet anggar Muslim dari Amerika Serikat. Ibtihaj Ia dikenal sebagai atlet perempuan Muslim pertama Amerika Serikat yang memakai hijab saat membela negaranya di Olimpiade.

Ibtihaj Muhammad

Ketangguhan atlet kelahiran 12 April 1985 ini pun tak perlu diragukan lagi. Ibtihaj bahkan berhasil menyabet medali perunggu pada keikutsertaannya di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, yang berlangsung 2016.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini