Kalender Baru MotoGP 2020 Positif untuk Ducati

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 38 2242539 kalender-baru-motogp-2020-positif-untuk-ducati-wvfGNgOToI.jpg Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan Danilo Petrucci. (Foto: MotoGP)

BOLOGNA – Test rider atau pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, membicarakan soal kalender baru MotoGP 2020. Ia pun memandang positif jadwal balapan baru untuk musim ini karena beberapa sirkuit dinilai baik untuk Ducati.

Musim ini, pihak penyelenggara MotoGP 2020 memang menggarap ulang kalender balapan akibat merebaknya virus corona secara global. Sebab, penyebaran virus ini telah membuat sejumlah seri harus ditunda hingga dibatalkan.

Andrea Dovizioso

Tanggal start perlombaan pun harus mundur. Dari seharusnya dimulai pada 8 Maret 2020 di Qatar, MotoGP 2020 akhirnya baru bisa dimulai pada 19 Juli. Balapan seri perdana akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

BACA JUGA: Pirro Optimis Dovizioso Bisa Jalani Balapan Seri Pembuka MotoGP 2020

Sejauh ini, pihak penyelenggara pun diketahui telah mengumumkan 13 seri yang seluruhnya akan digelar di negara-negara Eropa. Beberapa sirkuit juga diketahui akan menggelar balapan ganda, salah satunya Sirkuit Jerez juga. Sirkuit ini akan menggelar perlombaan seri kedua MotoGP 2020 dengan tajuk MotoGP Andalusia.

Selain Jerez, ada empat sirkuit lainnya yang juga akan menggelar balapan ganda. Keempat sirkuit itu adalah Red Bull Ring (Austria), Misano (San Marino, Italia), Aragon (Spanyol), dan Ricardo Tormo (Valencia, Spanyol).

Selain kelima sirkuit tersebut, tiga balapan lain MotoGP 2020 akan digelar di Sirkuit Brno (Republik Ceko), Catalunya (Barcelona, Spanyol), dan Le Mans (Prancis). Kini, pihak penyelenggara sendiri masih berjuang keras untuk menambah jumlah seri di MotoGP 2020.

Mendapati jadwal baru MotoGP 2020, Pirro pun menyambutnya dengan positif. Sebab, Ducati dinilai bisa tampil apik di beberapa sirkuit, seperti Misano, Aragon, serta Ricardo Tormo. Tetapi, ia juga berharap hasil manis bisa dituai di seri lainnya, termasuk di Sirkuit Jerez yang akan menjadi balapan pembuka.

β€œSelama beberapa bulan terakhir, kami telah mempelajari masalah ban, kemudian kami mengikuti tes di Misano. Indikasinya positif dan kami harus berharap Dovizioso akan baik-baik saja karena kami juga bisa bersaing di Jerez,” ujar Pirro, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Selasa (7/7/2020).

"Setelah itu, akan ada beberapa sirkuit yang bagus untuk kami, seperti Austria, Brno, dan Misano. Di Misano saja, saya berpikir bahwa berkat aspal baru kami bisa bersaing lagi, seperti pada 2018,” lanjutnya.

Andrea Dovizioso

Dengan dirilisnya jadwal baru tersebut, beberapa seri di MotoGP 2020 sendiri telah dipastikan bakal batal digelar. Seri tersebut adalah yang digelar di Sirkuit Losail (Qatar), Sirkuit Mugello (Italia), Sirkuit Sachsenring (Jerman), Sirkuit Assen (Belanda), Sirkuit Kymi Ring (Finlandia), Sirkuit Silverstone (Inggris), Sirkuit Twin Ring Motegi (Jepang), dan Sirkuit Phillip Island (Australia).

Sementara itu, masih ada empat seri lainnya yang statusnya kini masih ditunda. Keempat sirkuit itu adalah Buriram (Thailand), Sepang (Malaysia), Circuit of the Americas (Amerika Serikat), dan Autodromo Termas de Rio Hondo (Argentina). Kini, pihak MotoGP masih mendiskusikan lebih lanjut soal nasib keempat seri tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini