Share

Menengok Tradisi Baru Podium F1 di GP Austria 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 37 2241593 menengok-tradisi-baru-podium-f1-di-gp-austria-2020-DYmlAvhi6L.jpg Podium seri perdana F1 2020 menerapkan protokol kesehatan yang ketat (Foto: Twitter/@F1)

SPIELBERG – Seri perdana Formula One (F1) 2020 sudah rampung digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (5/7/2020) malam WIB. Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, keluar sebagai pemenang, diikuti Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari, dan Lando Norris dari McLaren.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, F1 menghapus podium tradisional akibat pandemi Covid-19. Alih-alih berdiri di podium Sirkuit Red Bull Ring, ketiga pembalap justru berdiri di dekat garis finis atau main straight.

Baca juga: Hasil Race F1 GP Austria 2020

Valtteri Bottas keluar sebagai pemenang lomba (Foto: Twitter/@MercedesAMGF1)

Protokol kesehatan memang diterapkan dengan ketat demi menjamin berlangsungnya pekan balapan F1 GP Austria 2020 sejak Jumat 3 Juli lalu. Setiap personel tim diwajibkan menggunakan masker dan pergerakan mereka benar-benar diatur.

Selebrasi podium pun harus diubah demi mematuhi protokol kesehatan. Biasanya, pembalap akan memarkir mobil di parc ferme dan naik tangga untuk menuju podium. Namun, kali ini mereka memarkirkan mobil di main straight, layaknya ketika menyelesaikan kualifikasi.

Prosesi berlanjut pada pemberian trofi. Para pejabat penting biasanya memberikan trofi mulai dari peringkat tiga hingga sang pemenang. Namun, kali ini, Valtteri Bottas, Charles Leclerc, dan Lando Norris, hanya berdiri tanpa memegang trofi.

Tempat berdiri ketiga pembalap juga diberi jarak, padahal biasanya menempel. Bottas, Leclerc, dan Norris wajib mengenakan masker selama berada di podium. Setelah prosesi mengumandangkan lagu nasional, ketiganya hanya menyemprotkan sampanye. Trofi baru diberikan setelah prosesi podium.

Sejarah tersendiri dicatatkan oleh Lando Norris. Pembalap berkebangsaan Inggris itu berhasil menapaki podium pertamanya di F1 sejak promosi pada 2019. Itu merupakan podium kedua bagi McLaren dalam enam tahun terakhir. Ia mengikuti jejak rekan setimnya, Carlos Sainz Jr, yang naik podium setelah finis ketiga pada F1 GP Brasil 2019.

Sementara bagi Valtteri Bottas, ini adalah kemenangan keduanya pada seri perdana F1. Pembalap berkebangsaan Finlandia itu sebelumnya memenangi balapan perdana di F1 GP Australia 2019 pada Maret tahun lalu. Sayangnya, ia dihadapkan pada rekor yang buruk soal pemenang seri perdana. Pada tiga musim terakhir, pemenang balapan perdana belum tentu keluar sebagai juara dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini