Ciabatti Tegaskan Tak Ada Pembalap Ducati yang Uji Coba Pakai Motor Ilegal

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 38 2240994 ciabatti-tegaskan-tak-ada-pembalap-ducati-yang-uji-coba-pakai-motor-ilegal-24x6px0NYc.jpg Andrea Dovizioso (Foto: motogp.com)

BOLOGNA – Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menegaskan bahwa tidak ada satu pun pembalap dari timnya yang menjalani uji coba mandiri dengan menggunakan motor ilegal. Ciabatti mengatakan keempat pembalap dalam naungan Tim Ducati hanya menggunakan motor spek jalan raya dalam uji coba mereka.

Sebagaimana diketahui dalam regulasi MotoGP, para pembalap memang dilarang menggunakan motor dengan komponen balap Grand Prix dalam uji coba di luar yang sudah dijadwalkan FIM. Apabila ada pembalap yang melakukan uji coba dengan menggunakan motor spek balapan, ia bakal mendapatkan hukuman karena sesi latihan tersebut dikategorikan ilegal.

Pembalap Tim Ducati

Dalam beberapa hari terakhir para pecinta MotoGP pun dikejutkan dengan pernyataan resmi Federasi Balap Motor Internasional (FIM) soal adanya pembalap yang menggunakan motor ilegal dalam uji coba mereka. FIM menyebut ada dua nama yang melanggar regulasi tersebut.

Baca Juga: Pirro Tahu Penyebab Lorenzo Gagal di Ducati

Akan tetapi pihak FIM hingga kini belum mengungkapkan siapa sosok pembalap yang melakukan pelanggara tersebut. Nama Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami dicurigai sebagai pembalap yang telah melanggar regulasi penggunaan motor ilegal tersebut.

Ciabatti pun lantas memberikan suara soal spekulasi siapa sebenarnya pembalap yang melanggar regulasi penggunaan motor ilegal dalam uji coba mereka. Ciabatti menegaskan bahwa para pembalap Tim Ducati tidak ada yang terlibat dalam kasus tersebut.

“Pada dasarnya, mereka ingin melarang rider MotoGP menjajal motor superbike sungguhan. Praktisnya, mesinnya tak boleh sedetail spek balap, dan tak boleh memiliki elektronik balap pula, yang jelas berbeda dengan motor standar,” ucap Ciabatti seperti disadur dari GPOne, Sabtu (4/7/2020).

“Inilah alasan para pembalap kami pakai Panigale standar, atau Panigale V4S. Faktanya, dengan adanya media sosial, para pembalap sendiri yang menunjukkan apa yang mereka lakukan. Saya juga membaca, contohnya, kabar bahwa Taka berkata ia menggunakan motor Honda CBR1000RR-R milik Alvaro Bautista saat ia melakukan uji coba mandiri,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini