Alasan PBSI Tak Acak Pasangan Ganda Campuran di Home Tournament

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 11:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 40 2238042 alasan-pbsi-tak-acak-pasangan-ganda-campuran-di-home-tournament-4pCDweuijo.jpg Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (Foto: Laman resmi PBSI)

JAKARTA – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, mengungkapkan alasan tak mengacak pasangan ganda campuran dalam gelaran Home Tournament. Menurutnya, langkah ini diambil lantaran kekuatan di sektor ganda campuran dinilai cukup merata.

PBSI memang menampilkan format pertandingan yang berbeda pada perlombaan sektor ganda campuran. Pada pertandingan di nomor ganda putra, PBSI memutuskan untuk mengacak enam pasangan yang ambil bagian. Juara pun akhirnya diraih pasangan Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan setelah menyapu bersih total lima pertandingan yang tersaji.

Penampilan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Sementara di nomor ganda campuran, 11 peserta akan tetap bertanding bersama pasangannya. Pertarungan pun akan diikuti oleh sejumlah nama besar, salah satunya adalah juara All England 2020, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

BACA JUGA: Hasil Undian Grup Ganda Campuran PBSI Home Tournament

Menurut Susy, keputusan ini diambil karena kekuatan di ganda campuran dinilai merata. Ia pun yakin masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi selama digelarnya pertandingan pada 1 hingga 3 Juli 2020. Para pemain muda bahkan dinilai bisa punya kans untuk mengalahkan seniornya di Home Tournament.

"Kekuatan di ganda campuran cukup merata, masih banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Pemain-pemain muda pun punya kesempatan untuk bisa mengalahkan yang di atas mereka peringkatnya, misalnya Teges/Indah, bukan berarti mereka tidak bisa mengalahkan yang lebih senior, mungkin saja," ujar Susy, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Senin (29/6/2020).

Tak hanya dari segi pasangan bermain, format pertandingan di ganda campuran juga akan berbeda dari ganda putra. Sebelas ganda campuran terbagi menjadi empat grup berdasarkan peringkat dunia masing-masing, dua pasangan terbaik dari tiap grup berhak untuk lolos ke perempatfinal.

Di perempatfinal, calon lawan para juara grup akan diundi lagi. Mereka yang sudah bertemu di penyisihan grup, bisa saja berjumpa lagi dengan lawan yang sama di perempatfinal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini