Share

Pembalap Hanya Boleh Bawa 1 Motor, Wacana Aturan Baru Ducati Dikritik

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 38 2219930 pembalap-hanya-boleh-bawa-1-motor-wacana-aturan-baru-ducati-dikritik-s2bJDUrhod.jpg Miguel Oliveira. (Foto: Laman resmi MotoGP)

BORMES LES MIMOSAS – Presiden IRTA, Herve Poncharal, mengkritik wacana aturan baru yang bakal dikeluarkan pihak Ducati terkait aturan jumlah motor pembalap di MotoGP 2020. Menurutnya, wacana aturan yang membuat pembalap hanya boleh membawa satu motor sangatlah absurd.

Di gelaran MotoGP 2020, pihak Ducati memang kemungkinan bakal menerapkan aturan baru. Aturan tersebut membuat setiap pembalap hanya boleh memiliki satu motor yang tersedia di paddock mereka.

Motor Tim KTM MotoGP

Aturan diterapkan untuk memotong biaya selama periode krisis kesehatan dan ekonomi yang muncul akibat pandemi virus corona. Mendengar aturan ini, Poncharal pun merasa kesal karena hal tersebut dinilai akan semakin merepotkan para pembalap dan kru tim.

BACA JUGA: Marquez Masih Jadi Pesaing Terberat Vinales di MotoGP 2020

Jika dalam latihan atau kualifikasi motor yang digunakan mengalami kerusakan, para kru tim harus bekerja begitu keras dan dalam waktu yang singkat untuk membangun kembali kendaraan. Karena itu, Poncharal berharap wacana tersebut tak diterapkan.

"Itu akan menjadi hal yang absurd secara mutlak bagi saya! Kami memiliki format yang berfungsi baik dengan dua motor. Kami memiliki sesi latihan bebas keempat yang diikuti 45 menit kemudian oleh kualifikasi satu dan dua, jadi tidak mungkin untuk menggunakan format ini dengan satu motor,” ujar Poncharal, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Selasa (26/5/2020).

"Jika Anda menghancurkan satu-satunya motor Anda dan Anda harus membangunnya kembali dengan cepat, keselamatan bisa menjadi masalah jika anak-anak harus bekerja dengan sangat cepat tanpa memeriksa semuanya. Kedua, Anda akan membutuhkan banyak orang untuk membangunnya kembali,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini