F1 GP Inggris 2020 Digelar Tanpa Penonton

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 37 2205809 f1-gp-inggris-2020-digelar-tanpa-penonton-zEsqhFLwgM.jpg F1 GP Inggris. (Foto: Twitter F1)

SILVERSETONE – Pihak penyelenggara Formula One (F1) Grand Prix (GP) Inggris akhirnya memastikan bahwa balapan pada musim ini akan digelar tanpa kehadiran penonton. Hal itu terjadi sebagai imbas dari merebaknya pandemi virus corona.

Kepala Sirkuit Silverstone yang menjadi arena balap F1 GP Inggris 2020, Stuart Pringle, menyatakan bahwa perlombaan akan digelar di balik pintu tertutup jika balapan akhirnya bisa digelar. Langkah tersebut diambil karena sejumlah alasan, termasuk adanya aturan dari Pemerintah Inggris.

Para pembalap F1

Pringle sendiri menyatakan permohonan maafnya kepada para penggemar F1 di Inggris karena pada tahun ini harus absen menyaksikan langsung perlombaan di Sirkuit Silverstone. Tetapi, Pringle memastikan bahwa langkah yang diambil merupakan yang terbaik untuk semua pihak, termasuk para penggemar. F1 GP Inggris 2020 sendiri diketahui bakal digelar pada 19 Juli 2020.

BACA JUGA: F1 GP Prancis 2020 Resmi Dibatalkan Imbas Virus Corona

"Saya sangat kecewa memberi tahu Anda bahwa kami tidak dapat menggelar Grand Prix Inggris tahun ini di depan para penggemar di Silverstone. Kami telah meninggalkan keputusan yang sulit ini selama mungkin, tetapi sangat jelas mengingat kondisi saat ini di negara ini dan persyaratan pemerintah yang berlaku sekarang dan di masa mendatang, bahwa Grand Prix dalam kondisi normal tidak akan mungkin,” ujar Pringle, sebagaimana dikutip dari laman resmi F1, Selasa (28/4/2020).

“Kewajiban kami untuk melindungi kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat dalam mempersiapkan hingga terselenggaranya acara. Ini adalah keputusan terbaik, teraman, dan satu-satunya yang dapat kami buat. Kami telah secara konsisten mengatakan jika kami berada di posisi ini, kami akan mendukung F1 saat mereka mencari cara alternatif untuk memungkinkan balap berlangsung tahun ini,” lanjutnya.

“Mengikuti berita akhir pekan ini dari Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga, kami sekarang bekerja dengan mereka tentang kelayakan acara di balik pintu tertutup. Jika ini memungkinkan, Anda akan merasa sedikit terhibur ketika mengetahui bahwa Grand Prix Inggris Formula 1 2020 akan tersedia untuk ditonton langsung di televisi,” jelas Pringle.

Gelaran F1 2020 memang belum bisa dimulai sampai saat ini. Sejumlah seri harus ditunda hingga dibatalkan akibat merebaknya pandemi virus corona. Tercatat, sudah ada 10 balapan yang terkena dampak, di mana tiga di antaranya telah dipastikan batal digelar. Teranyar, seri yang harus batal terselenggara adalah F1 GP Prancis 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini