Vinales Soroti Kelemahan Motor Yamaha pada Awal Balapan

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 05 38 2149365 vinales-soroti-kelemahan-motor-yamaha-pada-awal-balapan-HdwqhZloLR.jpg Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

LESMO – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales menyoroti kelemahan motor YZR-M1 pada awal balapan. Menurut Top Gun –julukan Vinales, YZR-M1 kurang tangguh pada awal balapan dan itu menyulitkan hampir semua pembalap Yamaha termasuk dirinya.

Pada musim lalu, Vinales keluar sebagai pembalap Yamaha terbaik dengan menempati posisi ketiga pada klasemen akhir. Meski penampilannya pasang-surut tetapi Vinales membuktikan bahwa ia adalah pembalap Yamaha yang tercepat saat ini.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

Namun, penampilan Vinales musim lalu juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang dimaksud Vinales adalah kecepatan YZR-M1 pada awal balapan. Vinales menilai YZR-M1cepat pada kualifikasi tetapi ketika balapan sesungguhnya dimulai maka YZR-M1 kerap kalah saing dengan motor dari tim-tim pabrikan lainnya.

BACA JUGA: Vinales Harap Yamaha Lakukan Perubahan Nyata di MotoGP 2020

Hal itu membuat para pembalap Yamaha dituntut untuk bekerja lebih keras pada awal balapan. Andaikan mereka mendapatkan posisi yang baik saat kualifikasi maka tugas para pembalap Yamaha jadi lebih mudah. Akan tetapi, jika sebaliknya maka para pembalap Yamaha mesti memacu YZR-M1 dengan maksimal untuk memangkas jarak.

Maverick Vinales (Foto: MotoGP)

Vinales yang musim lalu jadi pembalap tercepat Yamaha pun hanya mampu mencatatkan sembilan podium dan dua di antaranya berbuah kemenangan. Andaikan kecepatan YZR-M1 pada awal balapan tidak buruk mungkin Vinales bisa mencatatkan prestasi lebih baik lagi.

“Biasanya motor kami sangat bagus dalam kualifikasi. Selalu di baris depan atau pole position. Dalam balapan kami mengalami kesulitan di lap pertama, jadi kami harus meningkatkan start,” kata Vinales, melansir dari Bikesportnews, Minggu (5/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini