nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penampilan Terakhir Tim Indonesia di Piala Thomas

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 23 40 2145318 5-penampilan-terakhir-tim-indonesia-di-piala-thomas-RNpZCHAJkB.jpg Trofi Piala Thomas (Foto: Ist)

PADA 2020 bakal ada salah satu kejuaraan bulu tangkis paling bergenggsi selain Kejuaraan Dunia serta All England. Ya, apalagi kalau bukan bakal berlangsungkan gelaran Piala Thomas yang menjadi panggung utamanya.

Ya, gelar kejuaraan dunia bulu tangkis beregu pria dua tahunan tersebut diyakini bakal menjadi salah satu prioritas bagi PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Terlebih sudah cukup lama Tim Indonesia membawa pulang Piala Thomas.

Terakhir kali Tim Indonesia mampu meraih gelar juara Piala Thomas terjadi tepatnya pada 17 tahun lalu. Peluang Tim Indonesia untuk bisa menyabet Piala Thomas 2020 pun terbilang cukup besar, terutama dengan fakta dua gelar runner-up dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Berikut 5 penampilan terakhir Tim Indonesia di kejuaraan Piala Thomas:

5. Piala Thomas 2010

Taufik Hidayat

Kiprah Tim Indonesia di gelaran Piala Thomas 2010 yang berlangsung di Malaysia ini memang cukup menjanjikan. Mereka sendiri mengawali kiprahnya di Piala Thomas 2010 dengan tergabung di Grup D bersama India dan Australia. Pada fase ini, Tim Indonesa sama sekali tak terbendung.

Mereka mampu membantai Australia 5-0, serta menghantam India 4-1. Sementara pada babak perempatfinal, Tim Indonesia kembali berjumpa dengan India. Tim Merah Putih pun mampu menang 3-0 hingga lolos ke babak semifinal Piala Thomas 2010.

Pada babak semifinal, Tim Indonesia harus berjumpa dengan salah satu tim unggulan, yakni Jepang. Namun Taufik Hidayat dan kawan-kawan masih terlalu hebat untuk dibendung Jepang. Mereka pun lolos ke final dan berjumpa dengan China. Sayangnya penampilan impresif Indonesia di Piala Thomas 2010 terhenti di partai puncak, mereka pun harus puas kalah 0-3 dari China.

4. Piala Thomas 2012

Markis Kido/Hendra Setiawan

Pada gelaran Piala Thomas 2012 yang dilangsungkan di China, Tim Indonesia memang masih menurunkan sejumlah nama senior macam Taufik Hidayat, Alvent Yulianto Chandra, hingga Markis Kido. Di fase grup, Tim Indonesia tergabung di Grup A bersama China serta Inggris.

Di pertandingan perdana fase grup, Tim Indonesia sendiri mampu menghajar Inggris dengan skor 4-1. Namun pada laga kedua, mereka harus mengakui keunggulan China dengan skor telak 0-5. Tim Indonesia sendiri lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2012 dengan status runner-up.

Berjumpa dengan salah satu tim unggulan, yaitu Jepang, pada babak perempatfinal, Tim Indonesia tidak mampu berbuat banyak untuk menghindari diri dari kekalahan. Mereka pun tersingkir setelah kalah 2-3 dari Jepang.

3. Piala Thomas 2014

Ihsan Maulana

Pada gelaran Piala Thomas 2012, Tim Indonesia coba melakukan regenerasi. Ya, sejumlah pebulu tangkis muda dipilih untuk tampil, adalah Ihsan Maulana Mustofa yang pada saat itu berusia 18 tahun jadi termuda.

Keputusan PBSI menurunkan beberapa atlet muda di Piala Thomas 2014 terbilang cukup jitu. Pasalnya Tim Indonesia mampu memperbaiki raihan mereka di dua tahun sebelumnya dengan berhasil bertahan hingga babak semifinal.

Akan tetapi sayangnya pada babak semifinal Piala Thomas 2014 yang dilangsungkan di India tersebut, Tim Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 3-0. Malaysia sendiri berhasil lolos hingga final saat itu, sebelum akhirnya takluk 2-3 dari Jepang.

2. Piala Thomas 2016

Jonatan Christie

Sama halnya pada 2012, di Piala Thomas 2016 Tim Indonesia juga coba melakukan eksperimen dengan mendaftarkan dua pebulu tangkis muda. Keduanya nama tersebut adalah Jonatan Christie (18 tahun), serta Anthony Sinisuka Ginting (19 tahun).

Tim Indonesia pun mampu meraih hasil-hasil maksimal atas lawan-lawannya sejak fase grup hingga akhirnya lolos ke semifinal Piala Thomas 2016. Sejumlah tim macam Thailand, India, Hong Kong, hingga Korea Selatan harus menjadi korban Tim Indonesia.

Akan tetapi lagi-lagi, Tim Indonesia tak mampu mempertahankan performa impresifnya ketika di partai puncak. Tim Indonesia harus mengakui keunggulan raksasa bulu tangkis asal Eropa, yakni Denmark, dengan skor akhir 2-3.

1. Piala Thomas 2018

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Kiprah Tim Indonesia di gelaran Piala Thomas 2018 yang dilangsungkan di Thailand, bisa dikatakan sangat menjanjikan. Tergabung di Grup B bersama Korea Selatan, Thailand, dan Kanada, Tim Indonesia tak tersentuh kekalahan sekalipun.

Mereka mampu lolos ke perempatfinal dengan status sebagai juara Grup B. Pada babak perempatfinal, Tim Indonesia juga mampu menang secara menjanjikan atas Malaysia dengan skor 3-1. Adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda), Jonatan Christie (tunggal), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda) yang berhasil menyumbangkan poin untuk Tim Indonesia.

Akan tetapi upayaa Tim Indonesia untuk bisa membawa pulang Piala Thomas kembali harus urung terjadi. Pasalnya langkah mereka harus terhenti di babak semifinal usai kalah 1-3 dari China.

1
5
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini