nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idap Bell's Palsy, Chan Peng Soon Tetap Ingin Ikuti Malaysia Masters 2020

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 40 2142918 idap-bell-s-palsy-chan-peng-soon-tetap-ingin-ikuti-malaysia-masters-2020-PKoRawxoGV.jpg Chan Peng Sooh/Goh Liu Ying. (Foto: BWF)

KUALA LUMPUR – Pebulu tangkis Malaysia, Chan Peng Soon, kini tengah mengidap penyakit yang cukup serius, yakni bell’s palsy. Meski begitu, Chan tetap memiliki keinginan besar untuk mentas di turnamen Malaysia Masters 2020 yang akan digelar pada 7-12 Januari.

Chan diketahui telah mengidap penyakit tersebut jelang tampil di BWF World Tour Finals 2019. Tetapi, ia tetap memutuskan untuk tampil di turnamen tersebut bersama pasangan bermainannya, yakni Goh Liu Ying, di nomor ganda campuran.

BACA JUGA: Sering Untungkan Lawan, Eng Hian Soroti Servis Greysia Polii

Usai menjalani laga pembuka di BWF World Tour Finals 2019 melawan Wang Yilyu/Huang Dongping (China), Chan memutuskan untuk langsung mencari perawatan akupunktur. Tetapi, kondisinya tidak membaik. Bahkan, saat bertanding di laga pamungkas penyisihan grup melawan Seo Seung-jae/Chae Yujung (Korea Selatan), ia tidak bisa menutup mata kirinya dan merasakan wajahnya menegang.

Meski begitu, Chan tetap membuka peluang untuk bermain di Malaysia Masters tahun depan. Ia mengaku siap mengambil risiko karena mengejar tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Ahli syaraf yang ditemui Chan sendiri telah mengatakan bahwa sang pemain punya peluang pulih dalam enam hingga delapan pekan ke depan.

Chan memang memiliki peluang besar untuk tampil di Olimpiade 2020 karena mereka kini tengah menduduki peringkat keenam di dunia. Mereka harus tetap berada di 16 besar hingga akhir April demi meloloskan diri ke Olimpiade. Dalam keikutsertaan Chan di pentas Olimpiade edisi empat tahun silam, ia bersama pasangannya, Goh Liu Ying, dapat meraih medali perak.

Chan Peng Sooh/Goh Liu Ying

“Saya diberi tahu butuh enam hingga delapan pekan untuk pulih. Saya masih tidak bisa menutup mata kiri saya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ini terjadi. Ahli saraf mengatakan itu bisa karena kelelahan atau terlalu stres. Bisa juga tubuh saya terlalu lemah dari serangan virus. Saya sedang menjalani perawatan, tetapi ahli saraf mengatakan saya dapat berolahraga dan melakukan latihan ringan. Saya berencana melakukan itu setelah istirahat yang baik,” ujar Chan, sebagaimana dikutip dari The Star, Selasa (17/12/2019).

“Saya belum mengundurkan diri dari Masters Malaysia. Saya akan menilai situasi saya. Jika saya bisa, saya akan bermain, dengan Liu Ying. Akan selalu ada risiko, tetapi saya bersedia mengambilnya. Saya memiliki kesempatan untuk lolos ke Olimpiade dan saya tidak ingin menyia-nyiakannya. Tentu saja, jika kondisi saya tidak memungkinkan saya untuk bermain, saya akan menunggu," tukasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini