nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kisi-Kisi Taklukkan Motor Honda ala Crutchlow

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 08:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 13 38 2141357 ini-kisi-kisi-taklukkan-motor-honda-ala-crutchlow-KKq3u2ZSJi.jpg Cal Crutchlow (Foto: MotoGP)

COVENTRY Cal Crutchlow (LCR Honda) mungkin bukan pembalap tim pabrikan Repsol Honda tetapi ia memiliki kisi-kisi untuk menaklukkan RC213V. Motor Honda terkenal sangat sulit dikendarai bahkan Jorge Lorenzo yang merupakan pemilik lima gelar juara dunia beberapa kali terjatuh pada MotoGP 2019 saat mengendarainya.

Banyak orang mengira bahwa RC213V hanya bisa ditaklukkan oleh Marc Marquez saja. Pasalnya, Marquez tampil luar biasa pada musim lalu dengan mengoleksi 18 podium yang 12 di antaranya berbuah kemenangan. Dengan koleksi 420 poin, Marquez keluar sebagai kampiun MotoGP 2019.

Cal Crutchlow (Foto: MotoGP)

Sementara itu, Lorenzo hanya mampu mengoleksi 28 poin tanpa sekalipun berdiri di atas podium. Posisi terbaik yang didapatkan Por Fuera –julukan Lorenzo– adalah finis di urutan 11. Kesulitan yang dirasakan Lorenzo sejatinya juga didapati Crutchlow tetapi pembalap berpaspor Inggris itu sudah tahu kisi-kisi untuk mengendarai RC213V meski belum semahir Marquez.

BACA JUGA: Crutchlow: Pensiun karena Cedera? Saya Tak seperti Lorenzo!

Menurut Crutchlow, setiap pembalap yang mengendarai RC213V tidak boleh fokus pada kelemahan motor. Sebaliknya, para pembalap harus fokus pada kelebihan RC213V yakni pengereman. Crutchlow menilai pengereman RC213V amatlah luar biasa.

Hal itu juga bisa menjadi bumerang andaikan pembalap gagal menguasainya. Akan tetapi, ketika sang pembalap mampu memanfaatkan kelebihan itu dengan baik maka RC213V dapat melaju dengan sangat kencang. Crutchlow menerapkan hal itu setiap kali melakoni balapan.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

“Motornya sangat kuat dalam pengereman, Anda tidak akan mempercayainya. Jadi untuk mengatasinya, Anda (media) mungkin berpikir untuk mencoba memecahkan titik lemah, tetapi lebih baik fokus pada kekuatannya,” kata Crutchlow, mengutip dari Crash, Jumat (13/12/2019).

"Karena Anda dapat terus mendorong dan mendorong dengan sangat keras dengan bagian depan motor dan itu akan membuat Anda kesulitan saat mengerem tetapi ambilah risiko lebih banyak. Semakin banyak risiko yang Anda ambil dan Anda mengerem (dengan tepat), motor akan memberikan umpan balik yang sangat bagus maka Anda akan melaju dengan sangat cepat,” jelas pembalap LCR itu.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini