nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi Marquez di Valencia Berjalan Lancar

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 07:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 24 38 2133730 strategi-marquez-di-valencia-berjalan-lancar-4ZILXFmJt8.jpg Marc Marquez (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig masih belum bisa melupakan akhir musim MotoGP 2019. Puig menilai kemenangan Marc Marquez pada balapan seri terakhir, MotoGP Valencia 2019 terjadi dengan luar biasa. Marquez menang karena memahami karakteristik dari Sirkuir Ricardo Tormo.

Marquez memulai balapan dari posisi kedua di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Akan tetapi, setelah balapan dimulai yang berada di kelompok terdepan justru Jack Miller (Pramac Ducati) diikuti Quartararo dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Posisi Marquez melorot ke belakang sehingga pekerjaan The Baby Alien –julukan Marquez– semakin berat. Marquez tidak boleh tertinggal terlalu jauh karena karakteristik Sirkuit Valencia tidak memungkinkan untuk membuat comeback sensasional.

BACA JUGA: Bos LCR Honda: Cara Berkendara Alex Marquez Persis Kakaknya

Marquez akhirnya mampu menyalip beberapa pembalap untuk kembali ke kelompok terdepan. Setelah itu, Marquez bersaing dengan Quartararo untuk memperebutkan posisi pertama. Pada Lap 8, Quartararo akhirnya disalip The Baby Alien di tikungan 11.

Setelah itu, Marquez memimpin balapan hingga garis finis. Kemenangan di Sirkuit Ricardo Tormo sekaligus mengantarkan Honda menyabet gelar juara kategori tim MotoGP 2019. Sebelumnya, Honda telah merengkuh gelar juara kategori pembalap melalui Marquez dan juga konstruktor. Honda pun secara resmi meraih triple crown untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Marc Marquez (Foto: MotoGP)

"Strateginya adalah memulai dengan baik dan mengendalikan balapan dari posisi pertama, seperti yang telah dilakukannya di beberapa balapan lain. Karena Valencia (Sirkui Ricardo Tormo) adalah trek yang menyulitkan jika ketinggalan,” ujar Puig, seperti yang dikutip dari Tuttomotoriweb, Minggu (24/11/2019).

“Namun, Marquez tidak mendapatkan awal yang bagus tetapi dia (Marquez) melakukannya dengan sangat baik pada dua lap pertama dan memangkas banyak posisi. Ini memungkinkan dia untuk memimpin dan mengendalikan balapan dengan mengambil jarak dari lawan-lawannya,” pungkasnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini