nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos LCR Honda: Cara Berkendara Alex Marquez Persis Kakaknya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 24 November 2019 05:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 24 38 2133692 bos-lcr-honda-cara-berkendara-alex-marquez-persis-kakaknya-EWkvVx8mrf.jpg Alex Marquez membuntuti kakaknya di Tes Pramusim MotoGP 2020 (Foto: Honda Racing Corporation)

VALENCIA – Sejumlah pihak menyarankan agar Alex Marquez menyerap ilmu dari kakaknya, Marc Marquez, dalam mengendalikan motor Honda RC213V edisi 2020 yang masih sulit dikendarai. Setidaknya, sang adik sudah berhasil meniru gaya balapnya pada Tes Pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Hal itu diungkapkan oleh Prinsipal Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, setelah melihat laju Alex Marquez dalam satu putaran. Catatan waktu yang dibukukan pembalap berusia 23 tahun itu memang belum mentereng, tetapi caranya melajukan motor sudah mirip dengan sang kakak terutama di tikungan satu.

Alex lebih tinggi 10 cm dibandingkan Marc Marquez (Foto: MotoGP)

Baca juga: Bos LCR Honda Sambut Positif Kehadiran Alex Marquez di MotoGP 2020

Sekadar informasi, Alex dan Marc Marquez memiliki tinggi badan yang berbeda. Faktor fisik tersebut tentu berpengaruh terhadap cara menikung. Dengan badan yang lebih kecil, pembalap akan lebih mudah dalam merebahkan motor. Hal sebaliknya terjadi dengan tubuh yang tinggi.

Perbedaan sekira 10 sentimeter (cm) nyatanya tidak berpengaruh banyak. Menurut Lucio Cecchinello, Alex sudah meniru beberapa gaya Marc Marquez ketika merebahkan motor di tikungan. Hal itu tidak mengejutkan mengingat pembalap bernomor motor 73 tersebut masih beradaptasi.

Alex (belakang) dinilai punya gaya balap mirip kakaknya Marc Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

“Tentu saja tinggi badan dan caranya melaju sedikit berbeda. Alex sangat tinggi sehingga butuh cara yang berbeda. Apa yang kita lihat sejauh ini adalah, dia menikung persis seperti kakaknya, terutama di tikungan satu,” urai Lucio Cecchinello, dikutip dari Speedweek, Minggu (24/11/2019).

“Pada tikungan dua dia sedikit kehilangan momentum. Sementara di tikungan tiga sampai lima dia lebih lambat dibandingkan Marc. Nah, pada tikungan enam dan terakhir, caranya kembali sama persis dengan sang kakak. Kita cukup terkejut dia bisa melibas beberapa tikungan dengan cukup baik pada kesempatan pertama,” pungkas pria berkebangsaan Italia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini