nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala Kru Rins: Manajemen Ban Penting di MotoGP Valencia 2019

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 23:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 14 38 2129951 kepala-kru-rins-manajemen-ban-penting-di-motogp-valencia-2019-MuctptLXyv.jpg Alex Rins (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Kepala kru Alex Rins (Suzuki Ecstar), Manuel Cazeaux menyatakan MotoGP Valencia 2019 merupakan balapan yang sulit bagi setiap pembalap terutama dari sisi teknis. Pasalnya, balapan yang berlangsung di Sirkuit Ricaro Tormo itu menuntut pembalap untuk mengatur konsumsi ban dengan baik.

Cazeaux menilai pemilihan ban serta manajemennya akan amat memengaruhi hasil akhir MotoGP Valencia 2019. Ban jadi fokus utama Cazeaux karena tata letak Sirkuit Ricardo Tormo yang tidak simentris. Sirkuit Ricardo Tormo disebut Cazeaux memiliki tikungan ke kiri lebih banyak.

Alex Rins (Foto: MotoGP)

Ada dua tikungan yang dinilai Cazeaux akan amat berbahaya bagi setiap pembalap. Yang pertama adalah tikungan ke-13 karena di sana para pembalap dituntut untuk tidak melakukan kesalahan saat mengatur konsumsi ban. Apabila terlalu memaksa maka ban tidak akan sanggup bertahan hingga akhir balapan.

BACA JUGA: Jelang MotoGP Valencia 2019, Lorenzo Cari Cara Taklukkan Sirkuit Ricardo Tormo

Setelah itu, Cazeaux menyebut tikungan keempat dapat menjadi kuburan pembalap karena rawan terjadi kecelakaan. Cazeaux menerangkan para pembalap kerap tiba di tikungan keempat dengan suhu ban rendah yang mengurangi daya cengkeram dan kondisi itu memudahkan terjadinya kecelakaan. Di dua tikungan itu, para pembalap disarankan untuk melakukan manajemen ban dengan baik jika mau mengikuti balapan hingga garis finis.

Alex Rins (Foto: MotoGP)

“Dari sudut pandang teknis, konsumsi ban adalah sesuatu yang perlu diperhatikan karena treknya asimetris dengan lebih banyak tikungan ke kiri daripada kanan. Tikungan ke-13 adalah sudut yang sangat menuntut, salah satu yang terburuk tahun ini untuk memakai ban dan Anda harus mengelola konsumsi dengan baik,” ujar Cazeaux, seperti yang dikutip dari laman resmi Suzuki, Kamis (14/11/2019).

“Di sisi lain, tikungan keempat adalah tempat yang mudah terjadi kecelakaan karena suhu ban bisa rendah (mendadak) ketika Anda tiba. Ini (membutuhkan) keseimbangan nyata. Anti-wheelie juga penting di sini untuk membantu pembalap sebaik mungkin saat berakselerasi. Kami menantikan balapan ini,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini