nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Wakil Terakhir Indonesia yang Juara Hong Kong Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 11 November 2019 19:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 11 40 2128523 5-wakil-terakhir-indonesia-yang-juara-hong-kong-open-TZmXdLc7D5.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: Laman resmi PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis Hong Kong Open akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Pada tahun ini, ajang berlevel Super 500 itu akan dihelat di Hong Kong Coliseum, Hong Kong, mulai 12-17 November 2019.

Sejumlah pebulu tangkis Indonesia pun akan turut berlaga di Hong Kong Open 2019. Total, 18 wakil Tanah Air akan bertanding di turnamen yang berhadiahkan total USD400 ribu atau sekira Rp5,6 miliar tersebut.

Kans untuk merengkuh gelar juara pun terbuka lebar untuk wakil Indonesia. Sebab, beberapa di antaranya kini tengah berada di tren yang begitu positif. Salah satunya adalah ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang baru saja meraih gelar juara di turnamen sebelumnya, yakni Fuzhou China Open 2019 Super 750.

Marcus/Kevins sendiri memiliki rekan jejak yang apik di Hong Kong Open. Ia turut mencatatkan namanya di daftar pemain Indonesia yang berhasil menjadi kampiun di ajang tersebut. Kali ini, Okezone pun akan membahas beberapa wakil yang sudah meraih gelar di sana. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima wakil terakhir Indonesia yang juara Hong Kong Open.

5. Budi Santoso

Di urutan kelima, ada nama Budi Santoso yang meraih gelar juara di Hong Kong Open lewat kategori tunggal putra. Ia menorehkan prestasi gemilang tersebut pada gelaran Hong Kong Open 1998.

Budi berhasil mengikuti jejak beberapa tunggal putra Indonesia yang telah berhasil meraih gelar juara di ajang Hong Kong Open. Sebelum Budi, nama-nama pemain Tanah Air, seperti Hariyanto Arbi, Hermawan Susanto, hingga Icuk Sugiarto telah berhasil naik podium pertama di pentas Hong Kong Open.

4. Markis Kido/Hendra Setiawan

Setelah absen cukup lama, Indonesia akhirnya bisa kembali meraih gelar juara di ajang Hong Kong Open pada 2006. Gelar didapat lewat aksi salah satu pasangan ganda putra terbaik Tanah Air, yakni Markis Kido/Hendra Setiawan.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Tak hanya pada 2006, Markis/Hendra bahkan dapat menyegel gelar juara pada dua musim beruntun. Mereka juga mendapatkannya pada musim 2007 setelah mengalahkan pasangan rekan senegaranya, Candra Wijaya, yang berpasangan dengan pemain Malaysia, Tony Gunawan.

3. Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan

Hendra Setiawan kembali berhasil meraih gelar juara di ajang Hong Kong Open pada 2014. Tapi kali ini, gelar juara tak diraih bersama Markis Kido, melainkan dengan pasangan barunya, yakni Mochamad Ahsan.

Penampilan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Ahsan/Hendra menjadi kampiun di ajang Hong Kong Open 2014 setelah bertarung sengit melawan ganda putra China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan. Pertandingan yang berlangsung rubber game itu diakhiri Ahsan/Hendra dengan skor 21-16, 17-21, dan 21-15.

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, juga pernah merasakan manisnya naik podium pertama di Hong Kong Open. Hal itu dilakukan Owi/Butet –julukan Tontowi/Liliyana– pada 2016.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Tontowi/Liliyana menyegel gelar juara setelah menaklukkan rekan senegaranya, Praveen Jordan/Debby Susanto, di partai final. Laga diselesaikan Tontowi/Liliyana secara straight set dengan skor 21-19 dan 21-17.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Terakhir, ada nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sama seperti pasangan Markis/Hendra, Marcus/Kevin juga berhasil menyegel gelar juara dalam dua musim beruntun yang terjadi pada 2017 dan 2018.

Penampilan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pada 2017, gelar juara diraih setelah The Minions –julukan Marcus/Kevin– menaklukkan ganda putra Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, dengan skor 21-12 dan 21-18. Sementara itu, pada 2018, mereka menjadi juara setelah menaklukkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang) dengan skor 21-13 dan 21-12.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini