nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Wakil Indonesia yang Pernah Juara Fuzhou China Open Super 750

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 04 November 2019 19:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 04 40 2125656 4-wakil-indonesia-yang-pernah-juara-fuzhou-china-open-super-750-lRGyxR2hqq.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: Laman resmi PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis bergengsi, Fuzhou China Open Super 750, akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Tahun ini, perlombaan di turnamen tersebut akan digelar di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, mulai 5-10 November 2019.

Fuzhou China Open sebelumnya lebih dikenal dengan China Masters. Nama turnamen yang sudah diselenggarakan sejak 2005 ini mulai berubah menjadi China Open pada tahun lalu. Kini, turnamen Fuzhou China Open akan menawarkan hadiah sebesar USD700 ribu atau sekira Rp9 miliar.

Sejumlah pebulu tangkis top Tanah Air pun dipastikan bakal turut berlaga dalam ajang tersebut. Sebelum mengetahui kiprah mereka pada musim ini, mari menilik catatan manis pebulu tangkis Indonesia pada musim-musim sebelumnya. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut empat wakil Indonesia yang pernah juara Fuzhou China Open Super 750.

4. Liliyana Natsir/Vita Marissa

Wakil pertama Indonesia yang sukses meraih gelar juara di ajang tersebut ialah pasangan Liliyana Natsir/Vita Marissa. Mereka berhasil menyegel gelar juara pada gelaran 2007 yang kala itu nama turnamen masih China Masters.

Vita Marissa/Liliyana Natsir

Gelar juara pun dipastikan menjadi milik pasangan Liliyana/Vita setelah menumbangkan ganda putri China, Zhao Tingting/Yang Wei. Laga kala itu berlangsung begitu sengit sehingga Liliyana/Vita baru bisa mengklaim gelar juara setelah bertarung rubber game yang berakhir dengan skor 12-21, 21-15, dan 21-16.

3. Markis Kido/Hendra Setiawan

Catatan manis Liliyana/Vita berhasil diikuti oleh Markis Kido/Hendra Setiawan ke gelaran tahun berikutnya. Mereka berhasil naik podium pertama di gelaran Fuzhou China Open Super 750 pada 2008.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Gelar juara dipastikan menjadi milik Markis/Kido setelah mengalahkan ganda putra tuan rumah, Sun Junjie/Xu Chen. Pertandingan kala itu dimenangkan Markis/Kido dua set langsung yang berakhir dengan skor 21-17 dan 24-22.

2. Sony Dwi Kuncoro

Pada gelaran Fuzhou China Open Super 750 2008, Indonesia tak hanya meraih satu gelar. Gelar juara juga bisa didapat lewat aksi Sony Dwi Kuncoro yang sukses naik podium pertama setelah menyuguhkan penampilan begitu apik.

Sony Dwi Kuncoro

Di babak final, Sony pun ditantang oleh tunggal putra tuan rumah, yakni Chen Jin. Tekanan dari pendukung tuan rumah pun tak mengusil Sony yang bisa menang secara straight set dengan skor akhir 21-19 dan 21-18.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Setelah gelar juara Markis/Hendra dan Sony, Indonesia harus berpuasa gelar di pentas Fuzhou China Open Super 750 cukup lama. Baru pada 2018, gelar juara bisa kembali diraih lewat aksi pasangan ganda putra terbaik dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Penampilan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Laju Marcus/Kevin untuk menyegel gelar juara ini cukup mulus. Mereka bisa mengalahkan satu per satu lawannya, meski terkadang dihadapi laga yang cukup sengit. Di babak final, mereka pun harus menghadapi pertarungan ketat. Tetapi, Marcus/Kevin berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, He Jiting/Tan Qiang, dengan skor 25-27, 21-17, dan 21-15.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini