5 Ganda Putra Terakhir Indonesia yang Pernah Juara Prancis Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 40 2120886 5-ganda-putra-terakhir-indonesia-yang-pernah-juara-prancis-open-zZ2ZEulBBR.jpg Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: PBSI)

PARA pebulu tangkis Indonesia kini tengah berlaga di ajang Prancis Open 2019. Salah satu nomor yang diharapkan bisa membawa harus nama Indonesia dengan meraih gelar juara di pentas ini ialah ganda putra.

Hal tersebut terjadi karena ganda putra Indonesia kerap kali mendominasi gelaran turnamen di kalender BWF. Pada tahun ini, tak jarang Indonesia bisa meloloskan dua wakilnya ke babak final di beberapa turnamen pada nomor ganda putra.

Di ajang Prancis Open sendiri, beberapa ganda putra Indonesia juga sudah pernah meraih gelar juara. Kali ini, Okezone pun akan membahas wakil-wakil tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2019), berikut lima ganda putra terakhir Indonesia yang pernah juara Prancis Open.

5. Sigit Budiarto/Dicky Purwo Sugiono

Di urutan kelima, ada nama pasangan ganda putra Indonesia, Sigit Budiarto/Dicky Purwo Sugiono. Sigit/Dicky pernah merasakan manisnya bertengger di podium pertama Prancis Open pada gelaran 1995.

Sigit Budiarto

Kala itu, penampilan gemilang berhasil ditunjukkan Sigit/Dicky sejak babak awal hingga final. Alhasil, mereka pun bisa mengharumkan nama Indonesia. Pada tahun itu, gelar sendiri tak hanya disumbangkan oleh Sigit/Dicky. Indonesia bisa membawa dua gelar juara. Satu gelar lainnya diraih dari nomor tunggal putra lewat aksi George Rimarcdi.

4. Tony Gunawan/Victor Wibowo

Selanjutnya, pasangan ganda putra, Tony Gunawan/Victor Wibowo. Mereka bisa memboyong gelar juara di ajang Prancis Open tepat dua tahun setelah gelar yang didapat pasangan Sigit Budiarto/Dicky Purwotsugiono.

Sama seperti dua tahun sebelumnya, gelar juara yang diraih Tony/Victor bukan menjadi satu-satunya yang didapat Indonesia di pentas Prancis Open 1997. Indonesia juga bisa meraih satu gelar lagi dari nomor ganda putri lewat aksi Cynthia Tuwankotta/Etty Tantri.

3. Markis Kido/Hendra Setiawan

Setelah cukup lama absen meraih gelar juara, ganda putra Indonesia akhirnya bisa kembali mewarnai podium pertama Prancis Open. Hal tersebut terjadi pada 2008 lewat aksi Markis Kido/Hendra Setiawan.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Markis/Hendra tampil begitu apik pada gelaran Prancis Open 2008 hingga membawanya melangkahkan kaki ke babak final. Di babak tersebut, Markis/Hendra pun membungkam lawannya, yakni Cai Yun/Xu Chen, dengan skor 21-15 dan 21-12.

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

Tren positif Markis Kido/Hendra Setiawan pun berlanjut ke tahun berikutnya. Mereka berhasil mempertahankan gelar juara di pentas Prancis Open setelah memenangkan pertarungan kontra ganda putra Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boong Heong.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Laga yang mempertemukan dua pasangan tersebut di babak final berlangsung begitu sengit. Marki/Hendra pun baru bisa memastikan gelar juara setelah bertarung tiga set yang berakhir dengan skor 15-21, 21-15, dan 21-14.

1. Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

Markis Kido kembali dapat meraih gelar juara di pentas Prancis Open pada 2013. Tetapi kali ini, gelar tak didapatnya dengan Hendra Setiawan, melainkan dengan pasangan barunya, yakni Marcus Fernaldi Gideon.

Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

Duet Markis/Marcus berbuah manis kala itu. Di babak tersebut, Markis/Marcus pun berhasil melanjutkan menumbangkan ganda putra Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boong Heong, dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-18.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini