nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Valentino Rossi Dinilai Sudah Terlalu Lama di MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 08:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 23 38 2120468 valentino-rossi-dinilai-sudah-terlalu-lama-di-motogp-RljhHZ80Bg.jpg Valentino Rossi dinilai sudah terlalu lama berada di MotoGP (Foto: MotoGP)

ADELAIDE – MotoGP 2019 menandai 20 tahun karier Valentino Rossi di kelas premier sejak seri Afrika Selatan 2000. Namun, pembalap asal Italia itu hanya sanggup menjadi juara dunia sebanyak tujuh kali saja dengan merebut kemenangan di 89 balapan. Menurut mantan kepala krunya, Jeremy Burgess, The Doctor sudah terlalu lama berada di MotoGP.

Pria asal Australia itu cukup lama bertugas sebagai kepala kru Valentino Rossi, yakni pada periode 2000-2013 sebelum diganti dengan Silvano Galbusera. Dalam beberapa tahun terakhir, prestasi pembalap Monster Energy Yamaha itu seakan mengalami penurunan sejak mengganti kepala kru. 

Valentino Rossi kerap tampil melempem di kualifikasi (Foto: Yamaha MotoGP)

Baca juga: Rossi dan Hamilton Bakal Bertukar Kendaraan

Setelah menjadi runner-up pada MotoGP 2015, Valentino Rossi memang masih bisa memenangi beberapa balapan. Sayangnya, ia tidak lagi mampu menapaki podium tertinggi sejak menjuarai MotoGP Belanda 2017. Salah satu penyebabnya, menurut Jeremy Burgess, adalah performa buruknya di kualifikasi.

“Dia mungkin terlalu lama berada di MotoGP. Hal paling mengkhawatirkan adalah, dan itu cukup menyedihkan buat saya, dia selalu finis tidak jauh dari posisinya saat kualifikasi,” tutur Jeremy Burgess, dilansir dari Motorsport, Rabu (23/10/2019).

“Dulu, kita tidak pernah khawatir jika dia memulai balapan dari posisi 10 karena tahu dia akan naik 4-5 posisi, finis di podium, atau bahkan menang. Apakah ini adalah penurunan prestasi atau bukan, siapa yang tahu?” imbuh pria berusia 66 tahun itu.

Jeremy Burgess khawatir melihat penurunan Valentino Rossi (Foto: MotorCycleDaily)

Hasil yang dicapai Valentino Rossi pada MotoGP 2019 sejauh ini juga masih jauh dari harapan. Pembalap berusia 40 tahun itu tidak pernah lagi naik podium sejak MotoGP Amerika Serikat 2019 April lalu, bahkan sempat gagal finis di tiga seri beruntun. Pada seri terakhir di Jepang, Rossi kembali harus gagal finis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini