nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prediksi Calon Menpora Periode 2019-2024

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 22 43 2120061 prediksi-calon-menpora-periode-2019-2024-5GbE2Sss6u.jpg Erick Thohir. (Foto: Twitter Erick Thohir)

SOSOK pengisi kursi Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) di Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024 masih menjadi teka-teki. Sejumlah nama pun disebut menjadi kandidat kuat yang akan ditapuk Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, dan wakilnya, Ma’ruf Amin, untuk menempati posisi Menpora.

Sebelumnya, posisi ini sendiri diisi oleh Imam Nahrawi. Namun, sebelum masa jabatannya berakhir, Imam mengundurkan diri karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan suap dana hibah dari pemerintah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

BACA JUGA: Nadiem hingga Erick Dipanggil Jokowi, Ini Prediksi Susunan Kabinet Kerja Jilid II

Kini, sejumlah nama pun telah disebut bakal menjadi penerus Imam. Beberapa nama yang kini hangat diperbincangkan untuk mengisi jabatan sebagai orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu ialah Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Bahlil Lahadalia.

Erick Thohir

Untuk nama pertama, sepak terjangnya di dunia olahraga sendiri sudah diketahui khalayak ramai. Erick Thohir bahkan menjadi salah satu sosok penting atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta serta Palembang tersebut. Kala itu, pria berusia 49 tahun itu memegang jabatan sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 (INASGOC).

Erick juga diketahui memiliki usaha di bidang olahraga. Ia pernah menjadi salah satu petinggi di klub sepakbola asal Italia, Inter Milan dan klub asal Amerika Serikat, DC United. Tak sampai di situ, Erick juga pernah memegang jabatan penting di dunia olahraga, mulai dari Ketua Olimpiade Indonesia (KOI), Central Board Member di FIBA (Federasi Basket Internasional), hingga menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Berlanjut ke nama kedua. Pria yang akrab disapa AHY itu juga digembar-gemborkan bakal menjadi Menpora di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Maaruf. Namanya muncul di daftar kandidat setelah sosoknya terlihat aktif menjalin silaturahmi dengan Jokowi dan kubu koalisi pemerintah.

Agus Harimurti Yudhoyono

Putra pertama dari Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, itu pun dinilai memiliki potensi cukup besar untuk mengisi jabatan tersebut karena sebelumnya posisi Menpora sendiri kerap kali diisi oleh kader dari Partai Demokrat. Mulai dari Adhyaksa Dault, Andi Mallarangeng, hingga Roy Suryo, seluruhnya merupakan kader Partai Demokrat.

Terakhir, ada nama Bahlil Lahadalia. Namanya mulai ramai diperbincangkan bakal masuk ke Kabinet Kerja Jilid II sejak Mei 2019. Saat itu, Presiden Jokowi yang tengah menghadiri acara buka puasa bersama yang diadakan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jokowi menyebut Bahlil cocok menjadi menteri. Bahlil sendiri diketahui merupakan Ketua Umum HIPMI periode 2015-2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini