Share

Ciabatti: Tidak Ada yang Tahu Bagaimana Cara Kalahkan Marquez

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 08 38 2114155 ciabatti-tidak-ada-yang-tahu-bagaimana-cara-kalahkan-marquez-ePy5Ie6ftP.jpg Marc Marquez. (Foto: Laman resmi MotoGP)

BOLOGNA – Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengakui ketangguhan Marc Marquez di dunia balap motor. Saking tangguhnya, Ciabatti menyadari Marquez sangat sulit untuk dikalahkan. Bahkan, ia mengklaim tak ada satu pun rival Marquez yang tahu bagaimana cara mengalahkannya.

Marquez memang berhasil mendominasi balapan di kelas MotoGP sejak naik kasta ke kelas utama pada 2013. Sejauh ini, enam gelar juara telah berhasil diraihnya dalam tujuh tahun tampil di kelas MotoGP. Gelar keenamnya baru saja direngkuh saat balapan di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, pada akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Marquez Beberkan Target Berikutnya Usai Segel Gelar Juara Dunia

Melihat laju Marquez yang begitu mulus di MotoGP, Ciabatti pun menyadari betapa tangguhnya sang pembalap. Peningkatan drastis yang dilakukan Ducati dalam beberapa tahun terakhir bahkan tak belum cukup untuk mengalahkan The Baby Alien –julukan Marquez. Alhasil, salah satu pembalapnya, yakni Andrea Dovizioso, pun harus puas hanya mengklaim gelar runner-up dalam dua musim terakhir.

Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2019

Menurut Ciabatti, kondisi ini terjadi karena memang tak ada yang mengetahui pasti bagaimana cara mengalahkan Marquez. Yang pasti, untuk bisa bersaing dengan pembalap asal Spanyol itu, Ciabatti menilai sebuah tim harus memiliki motor dan pembalap yang sempurna.

"Setiap tahun Marc (Marquez) semakin percaya diri, lebih dewasa, ia memodifikasi cara mengelola akhir pekannya berdasarkan apa yang menurutnya akan menjadi lawannya yang paling sulit. Ada pembalap yang sangat kompetitif dalam beberapa balapan, tetapi tidak pada yang lain. Ketika ada seseorang seperti dia yang sulit membuat kesalahan, ini adalah situasi yang sulit,” ujar Ciabatti, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Selasa (8/10/2019).

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez

“Tanpa kehilangan poin di Barcelona atau Silverstone, tanpa kesalahan pembalap atau Ducati, kami bisa memiliki lebih banyak poin. Anda harus mencetak poin lebih tinggi di semua balapan. Saya tidak berpikir siapa pun di MotoGP memiliki ide yang jelas tentang bagaimana mengalahkannya, tetapi dengan motor yang lebih baik dari Honda, Anda dapat membuat hidupnya lebih sulit,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini