nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Ganda Putra Terakhir Indonesia yang Juara China Open

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 16 September 2019 19:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 40 2105585 5-ganda-putra-terakhir-indonesia-yang-juara-china-open-pfnVdgH3un.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: Laman resmi PBSI)

TURNAMEN bulu tangkis berlevel Super 1000, China Open, akan kembali digelar pada akhir pekan ini. Tahun ini, perlombaan akan berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, mulai Selasa 17 September 2019 hingga Minggu 22 September 2019.

Indonesia sendiri mengirimkan 15 wakil yang terbagi di berbagai nomor untuk berlaga di ajang tersebut. Ganda putra pun jadi nomor yang paling diandalkan untuk menyumbangkan medali emas bagi Merah Putih.

Sebab, wakil-wakil terbaik di nomor ganda putra akan turut berlaga di ajang tersebut. Dari empat wakil, tiga di antaranya bahkan berstatus unggulan, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Marcus/Kevin sendiri sudah pernah merasakan manisnya naik podium pertama di China Open 2019. Selain Marcus/Kevin, ada wakil-wakil lainnya yang juga pernah juara di ajang ini. Kali ini, Okezone pun akan membahas wakil-wakil tersebut. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019), berikut lima ganda putra Indonesia yang pernah menjuarai China Open:

5. Ricky Subagja/Rexy Mainaky

Di urutan kelima, ada nama Ricky Subagja/Rexy Mainaky. Pasangan ganda putra Indonesia tersebut berhasil mencicipi manisnya naik podium pertama di pentas China Open pada gelaran 1992.

 Ricky Subagja/Rexy Mainaky

Indonesia memang begitu bersinar di ajang China Open 1992. Tak hanya Ricky/Rexy, dua wakil lainnya juga bisa merengkuh gelar juara, yakni Hermawan Susanto (tunggal putra) dan Aryono Minarat/Eliza Nathanael (ganda campuran).

4. Rudi Gunawan/Bambang Suprianto

Di urutan keempat, ada nama Rudi Gunawan/Bambang Suprianto. Ganda putra Indonesia ini pernah merasakan manisnya naik podium pertama di ajang China Open. Hal tersebut terjadi kala mereka berlaga pada 1993.

Rudi Gunawan/Bambang Suprianto

Hasil manis yang didapat pasangan Rudi/Bambang pada tahun itu bukanlah satu-satunya gelar juara yang direngkuh Indonesia. Ada satu wakil lainnya yang bisa merengkuh gelar juara, yakni Joko Suprianto, di nomor tunggal putra.

3. Candra Wijaya/Sigit Budiarto

Selanjutnya, ada nama Candra Wijaya/Sigit Budiarto yang juga sudah pernah mencicipi manisnya bertengger di podium pertama China Open. Tak hanya sekali, pasangan Candra/Sigit bahkan bisa merengkuh tiga gelar juara, di mana dua di antaranya diraih dalam dua tahun beruntun.

Sigit Budiarto/Candra Wijaya

Hal tersebut terjadi pada gelaran China Open 1996, 2004, dan 2005. Penampilan gemilang mereka berhasil membawa harus Indonesia. Gelar semakin terasa spesial karena menjadi satu-satunya yang diraih Indonesia pada dua tahun tersebut.

2. Markis Kido/Hendra Setiawan

Sama seperti Candra/Sigit, pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, juga berhasil tampil menawan di China Open. Alhasil, mereka juga bisa membawa pulang gelar juara dalam dua musim beruntun.

Markis Kido/Hendra Setiawan

Hal tersebut terjadi pada gelaran China Open 2006 dan 2007. Pada 2007, gelar juara dipastikan jadi milik Markis/Hendra setelah menaklukkan wakil China, Guo Zhengdong/Xie Zhongbos, secara straight set dengan skor 21-12 dan 21-19.

1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Terakhir, kesuksesan Candra/Sigit dan Markis/Hendra dapat diikuti oleh pasangan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka juga dapat membawa pulang gelar juara dalam dua musim beruntun yang terjadi pada 2016 dan 2017.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pada 2016, gelar juara disegel Marcus/Kevin setelah mengalahkan wakil China, Chai B/Hong W, dalam pertarungan sengit yang berakhir dengan skor 16-21, 26-24, dan 21-19. Sementara pada 2017, The Minnions –julukan Marcus/Kevin– memenangkan laga kontra wakil China, Li Junhui/Liu Yuchen.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini