Bicara soal Seri Baru di MotoGP 2020, Kallio Kritisi Sirkuit KymiRing

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 03 38 2100029 bicara-soal-seri-baru-di-motogp-2020-kallio-kritisi-sirkuit-kymiring-2MlZ8pKvpC.jpg Mika Kallio (Foto: Paddock-GP)

MUNDERFING – Test rider TIM KTM, Mika Kallio, ikut mengkritisi Sirkuit KymiRing di Finlandia yang akan menjalani debut sebagai tuan rumah MotoGP pada musim 2020. Sebelumnya, test rider tim lain juga telah melayangkan kritikan hingga akhirnya pembalap Finlandia sendiri yakni Kallio ikut angkat bicara.

Setelah melakoni uji coba, Kallio menyebut Sirkuit KymiRing berpotensi menimbulkan balapan tidak menarik seperti yang diharapkan. Hal itu muncul lantaran Sirkuit KymiRing tidak memiliki banyak lintasan lurus. Ia bahkan meminta pihak penyelenggara melakukan revisi, meski waktu yang tersedia sangat singkat untuk mengejar gelaran MotoGP Finlandia pada Juli 2020.

Sirkuit KymiRing (Foto: Speedweek)

“Saya katakan di depan umum selama tes bahwa kami harus membangun kembali lintasan. Tidak ada cara lain. Saya harap mereka mendengarkan para pembalap. Karena masing-masing dari mereka pada dasarnya memiliki kesan yang sama, setiap orang memiliki perasaan yang sama, pendapatnya sama sekali identik,” ungkap Kallio, mengutip dari Speedweek, Selasa (3/9/2019).

Baca juga Uccio Sebut Rossi Punya Potensi Bertahan di MotoGP hingga 2022

“Ada lintasan lurus sepanjang 1 km. Jadi Anda dapat mengatakan bahwa sektor pertama dan lintasan panjang itu baik. Tetapi sisanya terlalu lambat untuk MotoGP. Kami semua dapat membuktikan kesan itu dengan catatan data kami,” tambahnya.

Ia juga menambahkan minimnya lintasan lurus di Sirkuit KymiRing justru akan menyulitkan para pembalap untuk saling susul menyusul. Karena itu, ia berharap perbaikan itu segera diadakan. Sebagai pembalap test rider, Kallio merasa kritikan apa yang ia sampaikan tersebut tidaklah salah.

Mika Kallio (Foto: Speedweek)

“Saya tidak ingin melempar batu ke seseorang, saya tidak ingin memberi kesan negatif. Tapi itu bagian dari tugas kami untuk mengomunikasikan perasaan kami sebagai pembalap. Itulah salah satu alasan kami menjalankan tes di sana. Kami ingin mengetahui kekuatan dan kelemahan sirkuit ini,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini