nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembalap MotoGP Bakal Melaju Lebih Cepat 0,5 Detik Musim Depan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 07:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 23 38 2082281 pembalap-motogp-bakal-melaju-lebih-cepat-0-5-detik-musim-depan-DRZxOFMaP0.jpg Michelin akan membuat ban khusus agar para pembalap bisa melaju lebih cepat musim depan (Foto: MotoGP)

CLERMONT-FERRAND – Pemasok ban tunggal MotoGP, Michelin, memendam keinginan untuk membuat balapan semakin menarik. Salah satu caranya adalah dengan mendesain kompon ban khusus yang bisa membuat motor melaju hingga 0,5 detik lebih cepat di beberapa trek tertentu musim depan.

Laju motor yang lebih cepat hingga 0,5 detik per putaran tentu berdampak pada pemecahan rekor catatan waktu satu lap di setiap sirkuit. Entah berkaitan atau tidak, tetapi rekor catatan waktu tercepat di sembilan sirkuit tuan rumah MotoGP, dicetak saat semua tim masih disuplai oleh Bridgestone.

Michelin merancang ban belakang khusus agar para pembalap bisa melaju kencang (Foto: MotoGP)

Baca juga: Michelin Bawa Ban Asimetris untuk MotoGP Jerman 2019

Direktur Balap Roda Dua Michelin, Piero Taramasso mengatakan, konstruksi ban belakang Michelin untuk edisi 2020 dirancang khusus demi meningkatkan performa karet hitam tersebut. Dengan meningkatnya daya cengkeram, maka pembalap diharapkan bisa memacu motor sekencang-kencangnya.

“Tujuan kami adalah meningkatkan daya cengkeram. Dari 18 pembalap yang sudah mencobanya pada tes di Barcelona, semua mengaku mendapat perasaan serta daya cengkeram yang lebih baik. Mereka merasa ban sedikit lebih lunak sehingga bisa mendapat daya cengkeram terbaik ketika rebah di tikungan,” tutur Piero Taramasso, mengutip dari Crash, Selasa (23/7/2019).

“Beberapa pembalap mampu menajamkan catatan waktunya 0,2 detik per putaran dibandingkan ban standar, tetapi ada juga yang sampai 0,8 detik. Jika dirata-rata, peningkatannya mencapai 0,4-0,5 detik. Kami menargetkan perbaikan catatan waktu setidaknya 0,4 detik,” imbuh pria berpaspor Italia itu.

Piero Taramasso menyebut para pembalap bisa melaju lebih cepat 0,5 detik per putaran

Piero Taramasso menerangkan, teknologi terbaru dari Michelin itu membuat setiap ban bisa dipakai untuk melaju dengan konsisten. Sisi positifnya, ban bisa dibuat lebih lunak, tetapi usianya tetap panjang sehingga para pembalap mendapat feeling yang bagus untuk mencetak waktu terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini