Marquez Bangga Sumbang Kemenangan Ke-300 Honda di MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 20 38 2057764 marquez-bangga-sumbang-kemenangan-ke-300-honda-di-motogp-s7EUEM7dQr.jpg Segenap Tim Honda di MotoGP merayakan kemenangan ke-300 (Foto: Laman resmi HRC)

LE MANS – Rekor spesial tercipta lewat kemenangan Marc Marquez di MotoGP Prancis 2019, Minggu 19 Mei malam WIB. Podium pertama di Sirkuit Le Mans tersebut merupakan kemenangan ke-300 Honda di kelas primer (500cc dan MotoGP) sejak 1966. Pembalap asal Spanyol itu jelas bahagia atas kontribusinya pada pencatatan rekor tersebut.

Marc Marquez nyaris tidak tersentuh sepanjang lomba. Ia hanya sekali mendapat gangguan dari Jack Miller pada 10 putaran pertama. Setelah itu, The Baby Alien melaju dengan nyaman sebagai pembalap terdepan.

Pembalap berusia 26 tahun itu mengatakan, menang di Le Mans memang selalu sulit mengingat suhu trek yang terlalu rendah (dingin) dan juga cuaca yang kerap berubah. Akan tetapi, ia tetap bangga dapat memberikan kemenangan ke-300 bagi Honda selama terjun di MotoGP.

Marc Marquez hanya mendapat gangguan kecil dari Jack Miller (Foto: MotoGP)

(Baca juga: Meski Kecewa Gagal Podium, Rossi Senang dengan Hasil MotoGP Prancis)

“Tentu saja selalu sulit untuk menang di Le Mans dengan suhu dan cuaca seperti ini. Mungkin ini pertama kalinya saya membalap dengan ban depan soft, tetapi itu adalah opsi paling aman. Saya berusaha konsisten menjaga ritme sampai melihat jarak dengan pembalap di belakang terus menjauh,” tutur Marc Marquez, mengutip dari laman resmi Honda Racing Corporation (HRC), Senin (20/5/2019).

“Saya mulai memacu motor lebih cepat untuk mencetak waktu 1 menit 32 detik per putaran hingga selisihnya mencapai dua detik. Saya bahagia dengan hasil hari ini dan fantastis rasanya untuk menyumbang kemenangan ke-300 buat Honda,” imbuh pembalap asal Cervera tersebut.

Marc Marquez berjaya di MotoGP Prancis 2019 (Foto: MotoGP)

Selain mencatatkan kemenangan ke-300 buat Honda, Marc Marquez juga mencetak rekor lain. Jika ditotal, juara dunia MotoGP 2018 itu sudah memenangi 47 balapan di kelas MotoGP, dan menyamai rekor milik rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini