nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penampilan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Spanyol

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 12:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 03 38 2051005 5-penampilan-terakhir-valentino-rossi-di-motogp-spanyol-2rnZU2GOnx.jpg Kemenangan terakhir Valentino Rossi di MotoGP Spanyol terjadi pada 2016 (Foto: MotoGP)

SEBAGAI pembalap paling berpengalaman di MotoGP, Valentino Rossi tentu punya kenangan tersendiri dengan Sirkuit Jerez, tuan rumah MotoGP Spanyol 2019. Sejak mengaspal di kelas 125 cc hingga MotoGP, berbagai hasil balapan mewarnai karier The Doctor di lintasan yang terletak di region Andalusia tersebut.

Tentu akan sangat panjang jika harus membeberkan prestasi Valentino Rossi selama 23 musim mengaspal di Sirkuit Jerez. Karena itu, pembahasan kali hanya mengerucut pada lima balapan teranyar yang dijalani pria asal Italia tersebut di Negeri Matador, terutama Sirkuit Jerez.

Valentino Rossi memang memegang rekor kemenangan terbanyak di MotoGP Spanyol 2019, yakni tujuh kali di kelas premier (MotoGP dan 500cc). Namun, ia sudah tidak merasakan lagi manisnya kemenangan di Jerez sejak 2016.

(Baca juga: Rossi Sangat Siap Sambut Jadwal Padat Seri Eropa)

Berikut pencapaian juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut selama mengaspal di Sirkuit Jerez.

5. MotoGP Spanyol 2014

Lima musim lalu Marc Marquez mendominasi seri MotoGP dengan menjuarai 10 balapan beruntun, termasuk di Sirkuit Jerz yang merupakan balapan keempat musim tersebut. Pria asal Spanyol tersebut benar-benar sulit ditandingi di hadapan pendukungnya sendiri.

Valentino Rossi finis kedua di MotoGP Spanyol 2014 (Foto: MotoGP)

Valentino Rossi sendiri memulai balapan di Jerez dari posisi empat sesuai hasil kualifikasi. Saat lomba, ia sukses melesat ke posisi dua di belakang Marc Marquez yang nyaman memimpin lomba. Vale bersaing ketat dengan rekan setim Marquez, Dani Pedrosa.

Pada akhirnya, ketiga pembalap itu berhasil melepaskan diri dari kejaran pembalap di belakangnya. Marquez finis terdepan, diikuti Rossi dengan selisih 1,431 detik, serta Dani Pedrosa di peringkat tiga yang finis 1,529 detik lebih lambat dari rekan setimnya.

4. MotoGP Spanyol 2015

MotoGP 2015 berjalan sangat baik buat Valentino Rossi. Hingga balapan keempat di Jerez, ia sudah sukses merebut dua kemenangan dan satu podium di Amerika Serikat. Musim tersebut memang menjadi pertunjukkan kedigdayaan Yamaha.

Valentino Rossi di MotoGP Spanyol 2015 (Foto: MotoGP)

Jorge Lorenzo mampu merebut kemenangan di Jerez berkat motor YZR M-1 yang sangat kompetitif. Menyusul di tempat kedua adalah Marc Marquez yang sepekan sebelumnya baru saja mendapat cedera jari akibat kecelakaan saat latihan.

Valentino Rossi hanya berhasil mengakhiri lomba di peringkat tiga. Jarak antara ketiga pembalap terdepan pun cukup jauh. Lorenzo finis dengan selisih 5,576 detik dari Marquez, dan 11,586 detik lebih dulu dari Valentino Rossi yang merupakan rekan setimnya.

3. MotoGP Spanyol 2016

Tujuh tahun sudah Valentino Rossi tidak merasakan podium tertinggi Sirkuit Jerez sejak 2009-2015. Puasa kemenangan itu akhirnya tuntas sudah pada MotoGP Spanyol 2016. Pekan balapan di Jerez tersebut berjalan sangat positif buat pembalap bernomor motor 46 itu.

Valentino Rossi di MotoGP Spanyol 2016 (Foto: MotoGP)

Valentino Rossi sukses mendominasi pekan balapan sejak sesi kualifikasi. Ia berhasil finis terdepan di sesi kualifikasi sehingga memulai balapan dari pole position. Buruknya penampilan Honda dan perkasanya Yamaha sepanjang musim 2016 tercermin dari jalannya lomba.

Pria asal Tavullia itu akhirnya berhasil finis tercepat dengan catatan waktu 45 menit 28,834 detik. Valentino Rossi unggul 2,386 detik dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, serta 7,087 detik dari peringkat tiga Marc Marquez.

2. MotoGP Spanyol 2017

Setelah dua tahun dianggap superior, Yamaha mulai memasuki masa kelamnya pada musim 2017. Hal tersebut ditandai dengan menurunnya penampilan Valentino Rossi di MotoGP Spanyol 2017 yang hanya menempati urutan ke-10.

Valentino Rossi di MotoGP Spanyol 2017 (Foto: MotoGP)

Hasil tersebut tidak mencerminkan perkasanya Yamaha dalam tiga balapan awal di mana Maverick Vinales berhasil menyabet dua kemenangan. Entah mengapa, di Jerez motor berlogo garpu tala benar-benar jeblok musim itu.

Valentino Rossi memulai balapan dari posisi yang lumayan, yakni peringkat tujuh. Namun, posisinya kian melorot saat lomba sehingga hanya finis di urutan 10. Selisih dengan juara seri, Dani Pedrosa, sangat jauh, yakni mencapai 38,682 detik.

1. MotoGP Spanyol 2018

Penampilan Yamaha tak kunjung membaik pada musim 2018. Indikatornya adalah pabrikan asal Iwata itu puasa kemenangan selama 25 balapan beruntun dari MotoGP Belanda 2017 hingga Australia 2018. Performa buruk tersebut berimbas pada Valentino Rossi.

Valentino Rossi di MotoGP Spanyol 2018 (Foto: MotoGP)

Ia memang sempat meraih podium ketiga di Qatar, tetapi kemudian prestasinya anjlok di tiga balapan beruntun, Argentina, Amerika Serikat, dan Spanyol. Khusus di Jerez, ia memulai balapan dari posisi 10 sesuai hasil kualifikasi.

Beruntung, saat lomba performa Valentino Rossi membaik. Itu juga dibantu dengan kecelakaan yang melibatkan tiga pembalap, yakni Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Andrea Dovizioso. The Doctor akhirnya finis di peringkat lima dan meraup 11 poin.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini