Bos LCR Honda Kecewa dengan Hukuman Penalti terhadap Crutchlow

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 04 38 2038808 bos-lcr-honda-kecewa-dengan-hukuman-penalti-terhadap-crutchlow-W14wuL03mV.jpg Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow dijatuhi ride through penalty (Foto: Laman resmi MotoGP)

MONACO – Prinsipal LCR Honda, Lucio Cecchinello, kecewa dengan hukuman ride through penalty yang dijatuhkan kepada Cal Crutchlow di MotoGP Argentina 2019 karena dianggap mencuri start. Ia mendesak agar regulasi itu ditinjau kembali.

Race Direction MotoGP menilai Cal Crutchlow melakukan jump start sehingga dijatuhi hukuman penalti. Sanksi tersebut membuat pembalap asal Inggris itu kehilangan peluang merebut podium di Sirkuit Termas de Rio Hondo.

Cecchinello mengatakan, motor RC213V milik Cal memang sedikit bergerak maju saat start. Namun, kopling motor masih dipegang dengan baik oleh sang pembalap sehingga bisa dikatakan tidak mencuri start.

Cal Crutchlow

(Baca juga: Crutchlow: Jika Marquez atau Rossi Lakukan Jump Start, Mereka Takkan Dihukum!)

“Saya masih kecewa dengan penalti terhadap Cal Crutchlow. Motor memang bergerak sedikit, tetapi 4-5 sentimeter (cm) pada kecepatan 0,01 kilometer per jam (km/jam)? Apakah ini start yang terlalu awal? Kopling masih digenggam sehingga ini bukan mencuri start,” ujar Lucio Cecchinello, melansir dari Corse di Moto, Kamis (4/4/2019).

“Alih-alih ride through, menurut saya steward seharusnya memberi kami peringatan atau hukuman tambahan waktu 2-3 detik. Regulasi harus dirubah, saya akan mengajukan usulan,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

Lucio Cecchinello (Foto: laman resmi LCR Honda)

Beruntung Cal Crutchlow masih bisa merangsek ke depan meski sempat tertinggal jauh usai menjalani hukuman. Pembalap berusia 34 tahun itu menyelesaikan lomba di peringkat 13 dan meraup tiga angka yang berharga.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini