Share

Crutchlow Tak Terima Dihukum karena Jump Start di MotoGP Argentina 2019

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 01 April 2019 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 01 38 2037632 cructhlow-tak-terima-dihukum-karena-jump-start-di-motogp-argentina-2019-8BdcQxcreq.jpg Cal Crutchlow. (Foto: Twitter LCR Honda)

SANTIAGO DEL ESTERO – Pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow , harus menerima hukuman kala mentas di MotoGP Argentina 2019 lantaran dianggap melakukan jump start. Mendapati kondisi ini, Crutchlow pun mengaku sangat kesal. Ia tak terima dengan hukuman tersebut karena tidak merasa melakukan kesalahan apa pun sebelum balapan dimulai.

Race Direction memutuskan untuk menjatuhi hukuman kepada Crutchlow berupa ride through penalty lantaran dinilai melakukan pelanggaran di grid. Dalam rekaman yang diunggah di akun Twitter resmi MotoGP, pembalap asal Inggris itu terlihat melakukan gerakan pada motornya saat lampu tanda balapan dimulai belum padam.

Kondisi tersebut dinilai melanggar aturan dan Crutchlow dituding melakukan jump start. Akibat hukuman penalti yang diberikan, pembalap berusia 33 tahun itu harus puas hanya bertengger di tempat ke-13 pada MotoGP Argentina 2019.

BACA JUGA: Cal Crutchlow Keluhkan Lambatnya Akselerasi RC213V

Crutchlow yang tak terima mendapat hukuman tersebut pun melakukan protes ke pihak Race Direction. Ia menjelaskan bahwa tindakannya bukanlah sebuah pelanggaran karena tak ada niat untuk melakukan jump start seperti yang dituduhkan kepadanya. Adanya gerakan pada motornya di grid kala itu terjadi karena dirinya ingin menyeimbangkan jari-jari kaki.

Cal Crutchlow

Tetapi sayangnya, penjelasan Crutchlow tak mendapat respons baik dari Rice Direction. Protes Crutchlow pun tak berbuah manis karena hukuman tetap diberikan kepadanya. Kondisi ini membuat Crutchlow sangat kecewa.

"Saya sangat kecewa dengan hasil lomba. Saya mendapat penalti untuk sesuatu yang tidak bisa saya mengerti. Tidak ada yang melihat untuk apa saya dihukum. Itu sebabnya, saya memprotesnya ke Race Direction,” ujar Crutchlow, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Senin (1/4/2019).

“Para pejabat Race Direction mengatakan saya memulai lebih awal. Saya menonton siaran ulangnya dan saya hanya bergerak sedikit, bahkan tidak satu sentimeter. Saya tidak melepaskan kopling. Saya bahkan tidak berguling ketika lampu padam. Saya hanya menyeimbangkan jari kaki saya,” tukasnya.

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini