nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pencak Silat Eratkan Persaudaraan Indonesia-Afrika Selatan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 01 April 2019 01:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 31 43 2037493 pencak-silat-eratkan-persaudaraan-indonesia-afrika-selatan-WdDcN3YPH2.jpeg Perayaan 10 tahun Persaudaraan Pencak Silat South Africa (Foto: Istimewa)

BOSMONT – Persaudaraan Pencak Silat South Africa (PPSSA) menggelar perayaan 10 tahun kiprahnya dalam memelihara dan mengembangkan budaya serta olahraga khas Indonesia di Afrika Selatan, Sabtu 30 Maret 2019. Peringatan di Bosmont tersebut dihadiri oleh sekira 200 orang warga sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, PPSSA mengundang enam orang pelatih pencak silat dari Indonesia yang pernah memperkenalkan olahraga tersebut 10 tahun lalu. Para pelatih itu dijadwalkan meningkatkan kemampuan para instruktur dan anggota PPSSA, peningkatan belt grading, serta melatih senam hijaiyah.

Duta Besar Salman Al Farisi (Foto: Istimewa)

(Baca juga: Kemenpora Apresiasi Hasil Kejuaraan Dunia Pencak Silat Junior 2018)

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Okezone, Senin (1/4/2019), Duta Besar Salman al Farisi mengatakan, kolonialisme (penjajahan) menyatukan Indonesia dan Afrika Selatan walau terpisah oleh Samudera Hindia. Melalui PPSSA, persahabatan kedua negara diharapkan semakin erat.

Masyarakat Kota Bosmont (Foto: Istimewa)

PPSSA sukses mengembangkan pencak silat di Afrika Selatan selama 10 tahun terakhir. Sedikitnya terdapat 26 pendekar dari berbagai kelompok umur yang berlatih seminggu dua kali. Selain pencak silat, anggota PPSSA juga wajib mempelajari Bahasa Indonesia sebagai pengantar setiap gerakan dan aba-aba.

Eksistensi Pencak Silat tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat Kota Bosmont yang berkeinginan mengadopsi nilai-nilai luhur akar budaya mereka yaitu Indonesia. Selain sebagai seni yang mengagumkan, masyarakat juga merasakan manfaat lain yakni membangun nilai-nilai positif generasi muda.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini