Brivio Harap Petik Pelajaran Berharga dari Protes Winglet Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 28 38 2036270 brivio-harap-petik-pelajaran-berharga-dari-protes-winglet-ducati-LJDOmVw8AQ.jpg Winglet tambahan di lengan ayun motor Ducati Desmosedici GP19 (Foto: Laman resmi MotoGP)

HAMAMATSU – Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, belum tahu apakah akan membawa putusan Pengadilan Banding FIM (Federasi Balap Motor Internasional) ke Pengadilan Banding Olahraga (Court of Arbitration/CAS) atau tidak. Sebab, yang dia inginkan hanya satu, yakni aturan yang jelas dan tegas.

Sebagaimana diketahui, Pengadilan Banding FIM menetapkan winglet di lengan ayun motor Desmosedici GP19 sah secara regulasi. Putusan tersebut sekaligus memupus aksi protes yang diajukan oleh empat tim, Suzuki, Honda, KTM, dan Aprilia.

Meski sudah diputus sah oleh Pengadilan Banding FIM, keempat tim tersebut masih bisa menaikkan banding ke CAS di Lausanne, Swiss, dalam jangka waktu lima hari setelah putusan FIM pada 26 Maret 2019. Namun, Brivio mengaku belum tahu akan membawanya ke CAS atau tidak.

Winglet di motor Ducati

(Baca juga: Winglet Baru Ducati Dilegalkan, Domenicali Puji Teknisi Ducati)

“Tujuan kami adalah mengklarifikasi apakah winglet tersebut sah atau tidak. Saat ini, semua stakeholder setuju ada ruang untuk perbaikan terkait formulasi regulasi. Kami harus mempertimbangkan cara bagaimana regulasi ditangani dan diterjemahkan, semua adalah soal peringatan dan mengeliminasi masalah seperti ini,” ujar Davide Brivio, mengutip dari Speedweek, Kamis (28/3/2019).

“Protes dan segala konsekuensinya adalah pengalaman penting bagi kami semua. Sekarang kami harus duduk bersama dan membahasnya. Kami harus membuat regulasi yang sejelas-jelasnya, harus mudah dikontrol dan dipatuhi. Saya berharap kami bisa memetik pelajaran yang benar dari insiden ini dan membuat kejuaraan jadi lebih baik,” imbuh pria berkebangsaan Italia tersebut.

Davide Brivio

Davide Brivio sendiri membuka kemungkinan untuk mengadaptasi winglet tambahan di lengan ayun motor GSX-RR. Apalagi, semua tim sudah mendapat penjelasan dan melihat langsung seperti apa fungsi peranti tersebut saat sidang dengar pendapat, Jumat 22 Maret 2019.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini