nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dall'Igna Kecewa Honda Ikutan Protes Winglet Ducati di MotoGP Qatar 2019

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 10:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 15 38 2030272 dall-igna-kecewa-honda-ikutan-protes-winglet-ducati-di-motogp-qatar-2019-TxLDfkjLmV.jpg Manajer Umum Ducati, Gigi Dall'Igna (Foto: Laman resmi MotoGP)

BOLOGNA – Manajer Umum Ducati, Gigi Dall’Igna, mengaku sangat kecewa dengan tindakan yang dilakukan Honda di MotoGP Qatar 2019. Ia tak menyangka Honda ikut serta dengan tiga tim lainnya untuk melaporkan Ducati terkait penggunaan komponen ilegal di motor anyar mereka.

Di gelaran seri perdana MotoGP 2019, Ducati memang mendapat protes keras dari empat tim, yakni Honda, Aprilia, KTM, serta Suzuki. Keempat tim ini menuding Ducati menggunakan perangkat ilegal berupa winglet di bagian ban belakang motor yang digunakan Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Marc Marquez dan Andrea Dovizioso

Protes dilakukan setelah Dovizioso keluar sebagai yang tercepat pada seri ini. Lantaran dianggap ilegal, kemenangan Dovizioso pun dipertanyakan oleh keempat tim tersebut. Mereka menganggap kemenangan pembalap asal Italia itu tak sah. Tetapi, setelah diselisik lebih jauh, pihak penyelenggara MotoGP ternyata tak menganggapnya ilegal sehingga kemenangan Dovizioso tetap disahkan.

BACA JUGA: Dall'Igna: Ducati Tak Langgar Aturan Apa pun di MotoGP

Mendapati situasi ini, Dall’Igna benar-benar geram. Ia tak menyangka keempat tim tersebut menuduh timnya menggunakan perangkat ilegal. Kekecewaan mendalam dirasakan Dall’Igna terhadap Honda. Sebab, ia merasa Ducati memiliki hubungan yang dekat dengan tim yang bermarkas di Jepang tersebut.

Tim Repsol Honda

Dengan kondisi ini, Honda tak seharusnya mengajukan protes karena mereka bisa mengajak Ducati berdiskusi terlebih dahulu. Cara seperti itu pun sebenarnya telah dilakukan Ducati serta Honda sejak lama. Karena itu, Dall’Igna benar-benar terkejut mendapati situasi seperti ini.

"Secara pribadi, saya terkejut dengan perilaku Honda. Dia merupakan salah satu anggota pendiri MotoGP bersama dengan Ducati dan Yamaha. Sampai saat ini, semua masalah teknis selalu diselesaikan bersama dalam MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers' Association). Terkadang, kami bahkan berdiskusi bersama dengan direktur teknis dan selalu menemukan solusi,” ujar Dall’Igna, sebagaimana dikutip dari Tutto Motori Web, Jumat (15/3/2019).

(dji)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini